Presiden Jokowi Salurkan Sapi Kurban 991 kg ke Gorontalo Utara untuk Iduladha 2024

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Menyambut perayaan Iduladha 2024, Presiden Joko Widodo kembali memberikan sapi kurban untuk berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Gorontalo. Tahun ini, sapi simental berbobot hampir satu ton, yakni 991 kg, dari Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, terpilih sebagai hewan kurban untuk wilayah tersebut.

Sapi milik Rusli Usman ini berhasil mengungguli dua kandidat lain dalam seleksi, yaitu sapi limosin seberat 966 kg milik Hamid S. Lahabu dari Kecamatan Telaga dan sapi limosin seberat 988 kg milik Andi Lasoma dari Kecamatan Telaga Biru.

“Alhamdulillah, Iduladha tahun ini kita kembali menerima bantuan sapi dari Bapak Presiden. Setelah dilakukan penimbangan dan seleksi, sapi simental dengan berat 991 kg ini diputuskan untuk diserahkan kepada masyarakat,” ujar Reflin Buata, Kepala Biro Pemerintahan, pada Senin (10/6/2024).

BACA JUGA :  Dewan Pers Gelar Survei Indeks Kemerdekaan Pers 2024 di Gorontalo

Penyerahan sapi tersebut akan dilakukan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Rudy Salahuddin, di Masjid Agung Baiturrahim pada tanggal 15 Juni 2024. Reflin Buata menjelaskan bahwa kali ini Kabupaten Gorontalo Utara mendapat giliran menerima bantuan setelah sebelumnya diberikan kepada Kota Gorontalo.

Bantuan dari Presiden ini akan dibagikan kepada warga setempat dengan bantuan koordinasi dari pemerintah daerah dan pengurus masjid. Diharapkan, daging sapi kurban ini dapat membantu warga yang kurang mampu dalam merayakan Iduladha dengan lebih meriah.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Pembangunan Rumah Singgah Permanen di Manado

Tradisi tahunan Presiden memberikan sapi kurban ini tidak hanya memperkuat hubungan sosial dan keagamaan di berbagai daerah, tetapi juga memastikan bahwa semangat Iduladha dapat dinikmati oleh masyarakat yang membutuhkan di seluruh Indonesia. (Adv/IH)