Polda Jateng Tiadakan Penyekatan Arus Mudik

SEMARANG, MEDGO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah (Jateng), Irjen. Pol. Ahmad Luthfi, yang didampingi oleh Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Semarang, Kombes Pol. Irwan Anwar dan Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, Karo Ops, Karo Log, Dirlantas dan Kabid Humas, melakukan pengecekkan kesiapan anggota dalam pemeriksaan arus balik di Pos Pengamanan Gerbang Tol Kalikangkung, Minggu (16/5/21) pagi.

Dalam keterangannya, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan bahwa selama kegiatan penyekatan di 14 titik Pos pengamanan terpadu, jajaran Polda Jateng pada saat arus mudik, sudah memeriksa kendaraan yang memasuki wilayah Jateng sebanyak 43 Ribu kendaraan dan memutar balikkan kendaraan sebanyak 11.750 kendaraan.

“Dari 11.750 kendaraan yang sudah diputar balikkan tersebut, dari arah Jawa Barat ke Jateng sebanyak 7.000 kendaraan, dari arah Jawa Timur Ke Jateng ada 6.000 Kendaraan dan dari DIY ke Jawa Tengah sebanyak 5.000 kendaraan”, papar Irjen Pol Ahmad Luthfi.

BACA JUGA :  Bupati Kendal Kucurkan BKK Desa Senilai 1,9 Miliar Untuk 19 Desa

Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan bahwa hari ini Minggu (16/5/2021), Polda Jateng tidak melakukan penyekatan terhadap kendaraan arus mudik, tetapi tetap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan arus balik.

Pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan meninggalkan provinsi Jawa Tengah yang dilakukan di pos Pengamanan Gerbang tol Kalikangkung, lanjut Luthfi, bekerjasama dengan Satgas Covid provinsi dan Pemerintah Kota Semarang.

BACA JUGA :  Kemenkumham Jamin Bantuan Hukum Bagi Petugas Pemasyarakatan Dalam Penanganan Napi Teroris

“Apabila tidak dilengkapi dengan surat-surat administrasi, seperti dokumen Surat Swab, SIKM, KTP di Pos Kalikangkung, maka akan kita lakukan tes Swab Antigen di pos Kalikangkung. Jika dalam tes Swab terbukti positif, maka akan langsung di rujuk ke rumah sakit terdekat. Namun jika hasilnya negatif, akan diberikan surat keterangan dan akan ditempeli stiker untuk memastikan yang bersangkutan berhak meneruskan perjalanan’, tandas Kapolda.

BACA JUGA :  Antisipasi Serangan Hacker, BSSN Lakukan Asistensi Bentuk Tim CSIRT

Hingga hari ini, tambah Kapolda, terhitung hari sudah ada 7.000 kendaraan yang diperiksa. Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jaya, terkait cara yang kita lakukan dan ada 18 rest area yang sudah disiapkan PPKM Mikro yang juga telah disiapkan tes Swab Antigen(*).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here