Pesawat N250 Jadi Koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Yogyakarta, (MEDGO) — Pesawat kebanggaan Bangsa Indonesia karya Presiden Republik Indonesia Ke-3 Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, Gatot Kaca N250 telah tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta. Pesawat yang dibekali teknologi canggih pada masanya tersebut akan beristirahat dan tidur di museum.

“Gatot Kaca adalah pesawat buatan Bangsa Indonesia yang pertama murni, yang digagas BJ Habibie. Pertama terbang pada tahun 1995 pada perayaan 50 tahun Indonesia merdeka. Karena krisis moneter, produksi pesawat dihentikan,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto, di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta, Jumat (21/8/2020).

Pesawat diangkut truk trailer dan tiba di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Yogyakarta pada hari Jumat (21/8/2020) sekitar pukul 04.30 WIB pagi. Pesawat ini menjadi koleksi ke 60 dan merupakan satu-satunya pesawat murni karya anak bangsa. Pesawat ini pesawat dengan teknologi canggih yang sudah menggunakan sensor elektronik dan canggih pada zamannya. Dengan teknologi fly by wire, instrumen dari pesawat ini sudah digital. Yang membanggakan, saat terbang di Paris Airshow tahun 1997, pesawat ini sangat memukau dan banyak pengunjung yang berminat.

BACA JUGA :  Ini Rumah Warga Panglima Polem Usai Kebakaran dibersihkan Pemilik Rumah

“Kita taruh di museum Mandala sebagai momen peristiwa 25 tahun yang lalu. Kita kembalikan seperti semula, nanti masyarakat bisa masuk melihat inilah pesawat ciptaan bangsa sendiri. Harapan kita semangat dirgantara kita tumbuh lagi dan memacu generasi muda,” pungkasnya. (Ezan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here