Perwira Menengah Polri Raih Gelar Doktor Administrasi Publik di UNG

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID – Dr. Winarko, S.Psi, M.Psi., seorang perwira menengah Polri, berhasil meraih gelar doktor administrasi publik di pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, setelah mengikuti tahapan ujian terbuka disertasi promosi dalam bidang administrasi publik, Rabu (5/6). Winarko resmi menyandang gelar doktor administrasi publik, dengan raihan indeks yudisium 3.88 predikat sangat memuaskan.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Kunjungi Korban Banjir di Kelurahan Bugis

Dihadapan pimpinan sidang, penguji serta promotor, Dr. Winarko, S.Psi, M.Psi., berhasil mempertahankan disertasinya, dengan judul pengaruh reformasi birokrasi Polri dan perilaku personel Polri terhadap kualitas pelayanan publik pada direktorat lalu lintas Polda Gorontalo.

Winarko mengungkapkan dari penelitian yang dilakukan, reformasi sangat diperlukan untuk merubah perilaku pelayanan menjadi lebih baik. Reformasi birokrasi lebih utama jika dibarengi dengan perubahan perilaku, jika keduanya dapat berjalan baik maka kualitas pelayanan akan turut meningkat.

BACA JUGA :  Pembangunan Kanal Tanggidaa, Pemprov Gorontalo Sepakat Pengalihan Rute Kendaraan Kontainer

“Reformasi birokrasi Polri tidak hanya fokus pada aspek struktural, instrumental maupun kultural, namun juga perlu melibatkan aspek sumberdaya manusia, dengan fokus pada perilaku dan etika dalam pelayanan,” ujar Winarko yang saat ini menjabat Kabag Psikologi Biro SDM Polda Riau.

Winarko berharap dari hasil penelitian yang dituangkan dalam disertasi ini, akan memberikan manfaat kedepan terhadap langkah institusi Polri untuk perbaikan dalam hal inovasi pelayanan, fasilitas pelayanan, perilaku personel Polri yang bermuara pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Polri khususnya pada direktorat lalu lintas. (**)