Peringatan Hardiknas 2024 Tingkat Jateng Dipusatkan Di Kabupaten Pemalang

Pemalang, medgo.id – Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Tengah (Provinsi Jateng), yang dipusatkan di Kabupaten Pemalang, Kamis (2/5/2024), diperingati dalam sebuah upacara bendera di Alun-Alun Kota Pemalang, dimana Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jateng, Sumarno, bertindak selaku pembina upacara.

Peringatan Hardiknas tahun 2024 juga dimeriahkan dengan kegiatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Tengah, di gedung DPRD Kabupaten Pemalang.

Dalam LKS yang diikuti oleh ratusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jateng tersebut, terdapat sebanyak 35 stand yang memamerkan produk dari siswa SMK seperti fashion, produk olahan hasil pertanian dan kerajinan.

Kredit Mobil Gorontalo

Sekda Provinsi Jateng, Sumarno, mengatakan bahwa pendidikan memegang peranan sangat penting dalam kemajuan bangsa, dan peringatan Hardiknas tahun 2024 adalah momentum untuk menyambut Indonesia Emas 2045.

“Peradaban suatu bangsa itu tidak lepas dari kualitas pendidikan. Jadi, kami berharap di hari ini mengingatkan, sekaligus menjadi momentum peningkatan pendidikan di Jateng,” ujarnya.

BACA JUGA :  Jama'ah Haji Kloter Pertama Asal Jateng Diterbangkan Ke Arab Saudi

Menurut Sumarno, Sumber Daya Manusia (SDM) adalah tokoh utama dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Lebih lanjut, Sumarno menandaskan bahwa anak-anak yang saat ini masih duduk di bangku sekolah SMP dan SMA, yang akan tampil memimpin dan menahkodai serta membawa kapal Indonesia menuju kemajuan.

BACA JUGA :  3.300 Pelari Dari Seluruh Indonesia Ikuti Purwokerto Half Marathon 2024

Jadi, imbuh Sumarno, kita punya tugas berat bagaimana meningkatkan SDM untuk kemajuan Indonesia.

“LKS yang ke-32 ini adalah hal yang strategis karena mengompetensikan atau uji kompetensi sekaligus seleksi di tingkat provinsi, yang nantinya akan mewakili Provinsi Jateng pada LKS tingkat nasional. Semoga bisa mengharumkan nama Jateng”, pungkas Sumarno. (*17).