Pemprov Gorontalo Pastikan Stok Bahan Pokok Cukup Hingga Ramadhan

Kota Gorontalo, Medgo.ID — Menjelang bulan ramadhan, pemerintah berbondong – bondong melaksanakan pemantauan ketersediaan stok bahan pokok di sejumlah daerah.

Tak terkecuali di Provinsi Gorontalo, Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer didampingi sejumlah pimpinan OPD dan perwakilan Forkopimda melakukan inspeksi di sejumlah distributor, toko dan pasar, Selasa, (14/02).

Hasil pemantauan menunjukkan stok bahan pokok cukup hingga Ramadan. Stok minyak goreng misalnya ada di angka 360 ton atau cukup untuk delapan hari. Belum termasuk dengan yang sudah dipesan sejumlah distributor sekitar 10 ribu ton.

Kredit Mobil Gorontalo

“secara keseluruhan memang semuanya bisa menutupi kebutuhan masyarakat yang ada sekarang. Tadi kita hasil dialog dengan pedagang, mudah-mudahan insya Allah sampai masuk ramadhan stok bahan pokok itu masih bisa terkontrol dan semua mencukupi,” kata Hamka

Hamka memberi penjelasan terkait naiknya harga minyak goreng yang sempat menembus angka Rp21 ribu. Menurutnya itu harga dua pekan lalu dan sekarang sudah kembali normal sekitar Rp16.000 hingga Rp17.000 per liter.

BACA JUGA :  Kabupaten Batu Bara Gelar Kick Of Meeting Penyusunan Dokumen RAD TPB/SDGs 2022-2026

“Kita pemerintah berharap harga harga tidak naik, nanti kita kontrol terus. Karena di pasar itu memang agak berat karena disitu ada ketersediaan dan permintaan. Bisa kita lakukan adalah ikhtiar, mengontrol di bulog di distributor dan paling penting adalah operasi pasar seperti ini,”

BACA JUGA :  Pj Bupati Nizhamul : TNI Berkontribusi dalam Pembangunan

“Harapan kami pemerintah, pedagang di pasar jangan terlalu menaikan harga, eceran tertinggilah. Harus ada patokan. Oleh sebab itu, Bulog nanti akan kita terus dorong agar bisa mengendalikan probilisasi,” tandasnya.

BACA JUGA :  Jelang Berangkat, Jemaah Calon Haji Batu Bara Ikuti Tepung Tawar

Selain Gudang Bulog, pemantauan dilakukan di PT Cipta Langgeng Mitra Sukses, PT Awet Sarana Sukses, dan Pasar Sentral Kota Gorontalo. Hamka berharap distributor dan pedagang besar bisa menjaga stabilitas harga selama Ramadan dan Idulfitri. (Adv/IH)