Pemprov Gorontalo Gelar Adat Tenggeyamo Tetapkan 1 Ramadhan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar adat Tenggeyamo untuk menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah, Adat sebagai pemberitahuan resmi lembaga adat pemerintah daerah kepada umat muslim dengan mengacu pada hasil Sidang Isbat Kementerian Agama RI ini digelar di Rujab Gubernur, Kota Gorontalo, Minggu malam ( 10/3/2024).

Berdasarkan hasil sidang isbat Kementerian Agama RI menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024. Hal ini sesuai hisab posisi hilal di seluruh Indonesia yang belum masuk kriteria tinggi minimum hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat yakni minus 0 derajat 20,2 menit sampai dengan 0 derajat 52,09 menit dan sudut elongasi 2 derajat 14,78 menit hingga 2 derajat 41,84 menit.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sofian Ibrahim saat memberikan sambutan selama bulan Ramadhan pemerintah diminta hadir ditengah masyarakat. Terlebih lagi, dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu meningkat pada hari besar keagamaan seperti Ramadhan hingga Idul Fitri.

Kredit Mobil Gorontalo

“Pada momentum ini pemerintah provinsi akan siap siaga untuk memenuhi kebutuhan pasokan dengan harga yang memadai sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan, kami berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga,” ungkap Sofian.

Tak lupa, atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo , Sofian juga memohon maaf kepada seluruh masyarakat. Ia juga mengajak masyarakat agar menjalankan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan dan memperbanyak amalan.

BACA JUGA :  Pasukan Kuning DLH Kota Gorontalo Beraksi: Pasar Senggol Bersih dari Sampah di Hari Raya

Turut hadir dalam sidang adat Tonggeyamo tersebut Kakanwil Kemenag Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Denrem 133/Nani Wartabone, Wakajati, Danlanal Gorontalo, pemangku adat, tokoh agama serta pimpinan OPD.