Pemprov Gorontalo Dorong Pemetaan Potensi Ekonomi untuk Perbaikan Kesejahteraan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Yosef P. Koton, Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Gorontalo, menggarisbawahi urgensi pemetaan potensi ekonomi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan dalam kehadirannya di Workshop Pemetaan Awal Potensi Pendapatan dan Pembiayaan Pembangunan Provinsi yang diselenggarakan oleh SKALA Kemitraan Australia-Indonesia di Fox Hotel pada Kamis (6/6/2024).

Dalam pidatonya, Yosef mengungkapkan bahwa pemetaan potensi ekonomi adalah langkah awal yang penting untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan secara optimal sumber daya alam dan manusia yang dimiliki daerah. “Pemetaan potensi ekonomi perlu dilakukan untuk mengetahui berbagai potensi sumber daya alam maupun manusia yang dimiliki daerah. Adanya informasi tersebut kemudian dapat memaksimalkan peningkatan perekonomian,” katanya.

Yosef juga menyoroti hubungan antara pertumbuhan ekonomi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Proses pertumbuhan ekonomi memberikan dampak terhadap kesejahteraan serta perbaikan kualitas hidup penduduk. Oleh karena itu, isu-isu terkait pemetaan serta pembangunan ekonomi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi kebutuhan masyarakat serta pembangunan daerah,” jelasnya.

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Dorong Pembangunan Rumah Singgah Permanen di Manado

Terkait kondisi ekonomi di daerah tersebut, Yosef menyatakan bahwa masih diperlukan upaya keras untuk memperbaiki indikator makro ekonomi yang masih di bawah rata-rata nasional. “Angka kemiskinan ekstrem, IPM, maupun tengkes berada di bawah rata-rata nasional, sehingga sistem tata kelola dan peta ekonomi perlu dimaksimalkan untuk mencapai indikator tersebut,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri pidatonya, Yosef menyampaikan apresiasi atas kontribusi program SKALA Kemitraan Australia-Indonesia di Provinsi Gorontalo. “Terima kasih atas kerja samanya selama ini. Semoga kerja sama dan kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik serta dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk kemaslahatan bersama,” tutupnya. (ADV/IH)