Pemprov Gorontalo Apresiasi Upaya Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang utama, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Bahan Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik dan Dokumen Resmi Lembaga, serta Penghargaan Wajah Bahasa Lembaga tahun 2024, yang digelar oleh Kantor Bahasa, selasa (19/03).

BACA JUGA :  Terbukti Melanggar Netralitas, Ketua KPPS di Kota Gorontalo Diberhentikan Oleh KPU 

Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi, Yosef P. Koton, menyatakan apresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurutnya, pengutamaan Bahasa Indonesia di Provinsi Gorontalo adalah tanggung jawab bersama yang memerlukan komitmen dari semua pihak. Yosef menekankan pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia di ruang publik tanpa mengabaikan bahasa daerah.

“Kita perlu berupaya bersama untuk memprioritaskan penggunaan Bahasa Indonesia di Provinsi Gorontalo. Ini adalah bentuk kita sebagai warga negara yang patuh terhadap undang-undang yang mengatur tentang bendera, bahasa, lambang, serta lagu kebangsaan,” ujar Yosef.

Kredit Mobil Gorontalo

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Bahasa Gorontalo, perwakilan dari Pemerintah Daerah se-kabupaten/kota, serta perwakilan dari pengelola hotel dan tempat wisata di Provinsi Gorontalo. Ini menunjukkan komitmen bersama untuk mendukung upaya pengutamaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang utama tanpa menghilangkan keberagaman bahasa daerah.