Pembenahan Infrastruktur di Sistem Perencanaan

Kegiatan Aleg DPRD Kabupaten Pembahasan Mendorong Pembangunan di Kabupaten Bone Bolango

Bonebol,(MEDGO.ID)- Dari sejumlah pengalaman dilapangan dalam memonitoring dan mengawasi pekerjaan-pekerjaan infrastruktur yang didanai oleh APBD, anggota DPRD Kabupaten Bone Bolango Darit Susanto Polingala mengaku, pihaknya kerap menemukan di sebuah lokasi proyek infrastruktur, seperti pada proyek pembangunan akses jalan, adanya kebutuhan lain, yang menjadi faktor pendukung dari optimalisasinya hasil sebuah proyek pekerjaan jalan tersebut.

“Seperti terkait kebutuhan akan bahu jalan. Yang secara tidak langsung dan tidak bisa kita duga bersama, di kemudian hari, kebutuhan akan bahu jalan, atau saluran di sekitar proyek jalan itu, begitu dibutuhkan, dalam mengantisipasi bila ada banjir dan air tergenang di jalan baru tersebut.” ungkap politisi PAN , dengan mitra kerja OPD terkait-nya, belum lama ini.

“Artinya disini, kedepan nanti, sudah harus dilakukan pembenahannya pada sistem perencanaan. Bahwa, di setiap lokasi proyek, seperti kebutuhan akan pembangunan jalan, turut diproyeksikan faktor pendukung lainnya, seperti saluran atau bahu jalan disekitarnya. Agar tidak berulang pekerjaannya, dalam arti kata dilakukan secara menyeluruh, hal-hal yang berdampak untuk itu,” jelas politisi dari PAN ini.

“Karena, kerap ketika kami menanyakan hal ini, disetiap pelaksana proyek, katanya anggarannya tidak sampai keseluruhan. Nah, hal-hal seperti ini, yang kami harapkan untuk lebih dibenahi,” pungkasnya.(Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here