Pembangunan Gorontalo Melonjak: Deprov Apresiasi Capaian Gemilang Membanggakan Pemprov

Kota Gorontalo, MEDGO.ID —  Pembangunan di Provinsi Gorontalo tahun 2023 mencatat capaian gemilang yang membanggakan, dengan peningkatan signifikan di berbagai sektor kunci. DPRD Provinsi Gorontalo mengapresiasi pencapaian tersebut, menegaskan pentingnya langkah-langkah yang telah diambil untuk memajukan daerah.

Menurut Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Paris RA Jusuf, pencapaian ini merupakan hasil kerja keras Pemerintah Provinsi Gorontalo dan patut diapresiasi.

“Kami melihat peningkatan yang signifikan di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pertanian dan perikanan, investasi dan ekspor, serta sektor pariwisata,” ujar Paris

Kredit Mobil Gorontalo

Salah satu poin penting yang disoroti adalah peningkatan rata-rata lama sekolah menjadi 8,1 tahun serta angka partisipasi sekolah mencapai 71,7 persen. Di sektor kesehatan, angka harapan hidup yang mencapai 68,63 tahun juga menunjukkan perbaikan yang berarti. Sementara itu, pembangunan infrastruktur terlihat dari peningkatan kondisi jalan yang mencapai 70,23 persen, dengan pembangunan jalan Provinsi Gorontalo sepanjang 4,95 KM.

Peningkatan signifikan juga terjadi di sektor pertanian dan perikanan, dengan nilai tukar petani yang meningkat hingga 111,32 persen. Di sektor investasi dan ekspor, realisasi investasi naik mencapai Rp5,515 triliun, sementara nilai ekspor mencapai 55,18 juta USD. Sektor pariwisata juga mengalami perkembangan positif dengan munculnya berbagai destinasi wisata baru.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Peningkatan Fasilitas Kesehatan di RSUD Toto

“Dengan capaian gemilang ini, DPRD Provinsi Gorontalo berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi langkah-langkah strategis yang akan diambil oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo guna memperkuat pembangunan di masa depan,” tandasnya. (IH)