Objek Wisata Hiu Paus Botubarani Surga Pariwisata Mendunia, Raih Penghargaan Rekor MURI dan Daya Tarik Pengunjung

Jakarta, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango berhasil meraih dua penghargaan pada malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Minggu (27/8/2023) malam di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Penghargaan itu, diterima langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Mariyani Ntoma Liputo, Kepala Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone Irwan Lakoro dan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Hiu Paus Botubarani, Abdul Wahab Matoka.

“Alhamdulillah dapat hadir mewakili Bupati Bone Bolango di ADWi 2023 di TMII. Menerima penghargaan museum Rekor Dunia Indonesia untuk Desa Wisata Botubarani atas Desa Wisata yang memiliki habibat hiu paus terbanyak dekat dari daratan, dan juara III kategori Daya Tarik Pengunjung untuk ADWI Desa Botubarani tahun 2023,”ucap Sekda Ishak Ntoma.

BACA JUGA :  Pimpin Apel Perdana, Pj. Heri Sampaikan ASN Melayani Masyarakat Sepenuh Hati

Untuk diketahui, Kabupaten Bone Bolango masuk sebagai salah satu pemenang desa wisata peraih penghargaan ADWI 2023 kategori daya tarik pengunjung yang diraih Desa Wisata Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo dan Rekor MURI untuk habitat hiu paus terbanyak dekat daratan.

Prestasi ini pun kemudian diapresiasi Bupati Bone Bolango Hamim Pou. Bupati mengatakan pariwisata Bone Bolango siap gass full.

BACA JUGA :  Gelar Bimtek Pemuktahiran Data Pemilih, Usman Dunda : Pantarlih Akan Datangi 113.943 Pemilih 

“Desa Wisata Kelas Dunia. Dalam sehari dua penghargaan untuk wisata hiu paus desa Botubarani Kabila Bone, Bonebol: 1. Rekor Muri untuk habitat hiu paus terbanyak dekat daratan, 2. Meraih juara 3 Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kemenpar dan Ekonomi Kreatif Kategori Daya Tarik Pengunjung. Torang gas full pariwisata Bonebol,”tulis Bupati pada akun sosial medianya.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Gelar Pisah Sambut Penjabat Bupati Batu Bara

Diketahui pada penyelenggaraan malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Kemenparekraf memberikan penghargaan kepada 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan ADWI 2023 yang diikuti sebanyak 4.573 desa wisata dari berbagai wilayah di Indonesia merupakan bentuk kolaborasi serta konsistensi yang kuat dari seluruh elemen masyarakat bersama pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun desa wisata.