Momen Untuk Tingkatkan Pemahaman Pemkab Asahan Gelar GPM

ASAHAN, MEDGO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-45, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Asahan menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM).

Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Dinas Ketapang Kabupaten Asahan, Senin (16/10).

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Ketapang Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, dan tamu undangan lainnya.

Pada laporannya Kepala Dinas Ketapang Kabupaten Asahan H. Ali Mughofar menyampaikan kegiatan ini berdasarkan Surat Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Nomor : 1007/TS.02.02/B/10/2023 Tanggal 09 Oktober 2023 Perihal GPM Serentak dalam Rangka Hari Pangan Sedunia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen serta meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok bagi masyarakat,” ujar Ali.

BACA JUGA :  Asisten Administrasi Umum Buka Sosialisasi LHKASN Bagi PNS Pemerintah Kabupaten Asahan

Ditempat yang sama Bupati Asahan yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Oktoni Eriyanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan, telah melaksanakan berbagai program atau kegiatan yang bermuara pada upaya pemantapan ketahanan pangan.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Asahan Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Tailor Made Training 2023

Pelaksanaan GPM dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) di Kabupaten Asahan ini merupakan momen untuk meningkatkan pemahaman, kepedulian dan menggalang kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dalam mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau dengan tujuan stabilisasi pasokan dan harga serta pengendalian inflasi pangan.

BACA JUGA :  Bupati Asahan Buka Sosialiasi dan Launching KKPD Pemkab Asahan

Terakhir Oktoni berpesan, bijaklah dalam berbelanja dan mengkonsumsi makanan. Makanlah apa yang anda butuhkan bukan yang anda inginkan.

“Makanlah untuk hidup dan bukan hidup untuk makan. Jadikanlah makanan sebagai obat, bukan obat sebagai makanan dan mulai sekarang mari kita stop boros pangan,” tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan gerai Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Ketapang Kabupaten Asahan. (ZF)