Menginjakkan Kaki Di Bumi Serambi Madinah, Kepala BNPB Di Sambut Adat Mopotilolo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (tengah) saat menyambut kunjungan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di bandara lama Djalaluddin, Selasa malam, (6/10/2020). Sebagai pejabat negara yang baru pertama kali berkunjung ke Gorontalo, Doni disambut dengan adat mopotilolo. (Foto: Humas)

GORONTALO, MEDGO.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo disambut dengan adat mopotilolo saat tiba di Gorontalo, pada Selasa (06/10/2020).

Mopotilolo merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negera yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Ketua Satgas Nasional Covid-19 itu tiba di Bandara Djalaluddin sekitar pukul 19.50 Wita dengan pesawat milik TNI AU. Rombongan mendarat di bandara lama dan disambut oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah serta sejumlah pimpinan OPD.

BACA JUGA :  Jalan Panjaitan Gorontalo Lumpuh, Aksi Mahasiswa Tuntut Proses Hukum Oknum Polisi Represesif

Penyambutan adat mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada jenderal bintang tiga bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

BACA JUGA :  Jalan Panjaitan Gorontalo Lumpuh, Aksi Mahasiswa Tuntut Proses Hukum Oknum Polisi Represesif

Doni Monardo bersama empat pejabat eselon I dan enam staf ahli berada di Gorontalo untuk menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se Gorontalo. Rakor tentang pencegahan dan penanganan covid-19 akan berlangsung di Rumah Jabatan Gubernur, Rabu 7 Oktober 2020. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here