Mengenal Alat Pelacak GPS dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

Mengenal Alat Pelacak GPS dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

Mengenal Alat Pelacak GPS dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

Saat ini teknologi memang mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun, termasuk adanya alat pelacak GPS. Alat ini sendiri ternyata bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan karena teknologi GPS ini sendiri ternyata sudah banyak disematkan pada smartphone. Lantas apa itu GPS?

Bagi sebagian besar dari masyarakat, tentu masih bertanya-tanya bukan apa pengertian dari GPS ini? GPS atau global positioning system ini sendiri merupakan sistem yang memanfaatkan bantuan satelit untuk membantu kamu mengetahui posisi ataupun letak dari permukaan bumi. Bukan hanya itu saja, GPS ini ternyata juga mempunyai banyak manfaat di berbagai bidang loh.

Adapun beberapa hal yang cukup penting dalam sistem navigasi yang dihadirkan oleh alat pelacak GPS ini, yaitu adanya beberapa satelit yang diletakkan di orbit bumi berjumlah 24 buah. Satelit itulah yang akan memancarkan sinyal ke bumi, dimana akan ditangkap oleh alat penerima sinyal atau dikenal dengan GPS tracker.

Bagian-bagian Penting dalam GPS

BACA JUGA :  Pemkot Gorontalo Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Minahasa Tenggara

Alat pelacak GPS ini sendiri ternyata juga mempunyai beberapa bagian yang cukup penting, dimana akan membuat kinerja dari gps tersebut berfungsi dengan baik. Apa saja bagian penting yang terdapat dalam sistem pelacak yang satu ini? Berikut ini ulasan lengkapnya yang harus kamu ketahui.

  1. GPS Control segment

Bagian pertama yang terdapat dalam GPS adalah GPS control segment. Bagian ini sendiri ternyata terdiri dari 5 stasiun yang berlokasi di pangkalan falcon air force, Hawaii, Colorado springs, diego Garcia, ascension Island serta kwajelein. Dimana ke lima bagian tersebut bertindak sebagai mata dan telinga GPS.

 

  1. Gps User Segment

Berikutnya adalah GPS user segment dimana unit ini sendiri terdiri dari antenna dan prosesor receiver yang bisa menyediakan positioning, ketepatan dan kecepatan waktu ke para user. Bagian ini sendiri akan bertugas untuk menerima data dari sinyal radio sesudah mengalami koreksi dari statiun pengendali.

BACA JUGA :  Pemkot Gorontalo Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Minahasa Tenggara

 

  1. GPS space segment

Selanjutnya ada alat pelacak GPS space segment, dimana bagian ini sendiri terdiri dari jaringan sateling yang terdiri dari beberapa satelit yang diletakkan di orbit lingkaran dengan tinggi sekitar 20 ribu km lebih. Sinyal itu sendiri mampu untuk menembus awan, kaca serta plastic. Tetapi sayangnya, sinyal tersebut tidak akan bisa menembus benda padat seperti tembok serta rapatnya pepohonan.

Manfaat Alat Pelacak GPS

  1. Sebagai navigasi

Ada banyak manfaat sebenarnya yang dihadirkan oleh alat pelacak yang satu ini, dimana pertama digunakan sebagai navigasi. Didalam kebutuhan berkendara, alat yang satu ini memang akan sangat membantu kamu. Dengan adanya GPS tracker yang terdapat pada kendaraan, maka akan membantu kamu untuk menjangkau sebuah tempat.

BACA JUGA :  Pemkot Gorontalo Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana di Minahasa Tenggara

 

  1. Digunakan untuk kegiatan militer

Selain itu, penggunaan GPS sendiri ternyata juga berfungsi untuk kegiatan militer loh. Hal ini tidak lain karena penggunaan alat pelacak GPS ini sendiri biasa digunakan untuk memantau pergerakan dari musuh, ketika peperangan tengah terjadi atau sebagai penuntun jatuhnya bom.

 

  1. Digunakan untuk melacak kendaraan

Selain digunakan sebagai navigasi, GPS sendiri ternyata juga bisa digunakan untuk melacak kendaraan kamu loh. Hal ini tentu sangat berguna terutama untuk menghindari adanya pencurian kendaraan, ataupun ketika kamu lupa letak parkir dari kendaraan.

Penggunaan sistem GPS ini sendiri ternyata juga telah mengalami perkembangan yang cukup besar. Bahkan dengan adanya perkembangan tersebut, memungkinkan GPS dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti di atas. Demikian bagaimana cara kerja dan manfaat yang ditawarkan oleh alat pelacak GPS, semoga bermanfaat.(MDG-05)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here