Menelisik Lebih Dekat Kinerja “Pasukan Kuning”, Wawali Ryan F Kono  Bilang, Tugas Mereka Sangat Mulia

Wakil Walikota Gorontalo Ryan F Kono saat bersama dengan petugas kebersihan (Foto ist)

Kota Gorontalo, (MEDGO.ID) — Angin berhembus sepoi-sepoi basah. Dinginnya menyeruak, terasa sampai ke tulang sumsum. Masih dalam suasana yang gelap, saat sebagian warga masih terlelap dalam buaian mimpi indahnya, para pahlawan kebersihan yang bergelar “Pasukan Kuning” itu, tampak mengangkut tumpukan kotoran dan sampah.

Ada yang diangkut ke gerobak petugas, dan adapula yang mengangkutnya ke truk sampah. Aroma busuk dan menyengat dari kotoran sampah itu, tak pelak menjadi konsumsi keseharian mereka. Dan, itulah suasana dan kondisi pekerjaan mereka.

Mereka hanya berjumlah 400 (empat ratus) orang, terdiri dari laki-laki dan perempuan, tua maupun muda. “Mereka hanya sedikit, tapi dari tangannya lah Kota Gorontalo, bersih dan asri nan indah. Kalau bukan mereka, siapa lagi,” tukas Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono.

Kegiatan perdana ini  dengan pasukan kuning di laksanakan awal tahun, bersama seluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo. Jumat (10/01/20) di Aula instansi terpadu Dinas PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup.

Pergi pagi, pulang petang bahkan ada yang pulang malam hari, hanya demi memberi rasa nyaman dan suasana bersih serta kondisi yang asri Kota Gorontalo. Usai melakukan pembersihan sampah, mereka masih menata lagi taman-taman kota.

“Dari pekerjaan mereka, wajah Kota Gorontalo nampak bersih. Bahkan pekerjaan mereka, bisa juga menjadi pendidikan bagi warga kota betapa besarnya arti hidup bersih. Pekerjaan mereka adalah tugas yang mulia, sebab dari mereka juga tercipta kehidupan yang bersih dan asri,” tukas Ryan.

Ryan berpesan, kesehatan seluruh petugas kebersihan Kota Gorontalo, adalah yang utama. Sehingga ia berharap, dalam menjalankan tugas tersebut, seluruh petugas menjaga kesehatannya.

Selain itu, dalam memuluskan kinerja setiap individu, senantiasa melakukan koordinasi, komunikasi dan konsultasi, baik itu dengan pimpinan instansi terkait, pimpinan wilayah seperti Camat dan Lurah serta masyarakat. Supaya tugas yang dijalani oleh petugas kebersihan Kota Gorontalo, tidak menemukan kendala di lapangan.

Dalam pertemuan itu, Ryan menyampaikan salam hormat dari Walikota Gorontalo, Marten Taha, SE., M.Ec.Dev, kepada seluruh petugas kebersihan. “Kami dari Pemerintah Kota Gorontalo, tentunya sangat terbantukan dengan peran seluruh petugas kebersihan dan pertamanan Kota Gorontalo. Tanpa peran serta dari bapak dan ibu, Pemerintah Kota Gorontalo bukanlah apa-apa. Untuk itu, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada Bapak dan Ibu. Kami bangga dengan kalian semua,” ungkapnya.

Sementara itu, Junaedi Kiayi Demak, Kepala DLH Kota Gorontalo menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan bagian dari peningkatan kinerja seluruh petugas kebersihan dan pertamanan Kota Gorontalo ditahun 2020, sekaligus dirangkaikan dengan penanda tanganan surat kontrak kerja, petugas kebersihan dan pertamanan Kota Gorontalo dengan Dinas Lingkungan Hidup, yang disaksikan oleh Wakil Walikota Gorontalo.

Selain kinerja yang baik di tahun ini, yang menjadi harapan Pemerintah Kota Gorontalo yakni kesehatan dan jaminan setiap petugas. DLH Kota Gorontalo sendiri.

“Sebagai wujud dari harapan itu, kami telah mendaftarkan seluruh petugas dalam jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan. Meski demikian, kami juga berharap, seluruh petugas dapat menjaga kesehatan mereka, dan lebih meningkatkan kinerjanya,” tutup Junaedi. (HPM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here