Mahasiswa KKN Lingkar Tambang UNG Gelar Sosialisasi Peningkatan Kapasitas dan Kualitas Masyarakat Tani

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Mahasiswa peserta Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terintegrasi KKN Lingkar Tambang Pohuwato menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas dan kualitas masyarakat tani di Desa Buntulia Utara pada Kamis, 5 Juni 2024.

Dosen Pembimbing Lapangan MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang Desa Buntulia Utara Dr. Funco Tanipu, S.T., M.A mengatakan bahwa program yang dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut bertujuan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dalam sektor pertanian di desa Buntulia Utara.

“Tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, program kerja Mahasiswa Peserta MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang juga diharapkan untuk dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pelestarian lingkungan, serta memberikan kontribusi dalam upaya mitigasi dampak lingkungan dari kegiatan pertambangan,” jelas Funco.

BACA JUGA :  Gobel Ajak Rumania Bikin Joint Commission

Dosen Pembimbing Lapangan MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang Dr. Yowan Tamu, S.Ag.,M.A mengungkapkan bahwa program MBKM tersebut telah dilaksanakan sejak 21 Maret 2024 silam.

“MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang ini juga akan memiliki luaran berupa jurnal dan laporan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jelang HUT Bhayangkara Ke-78,Polresta Gotontalo Kota Gelar Turnamen Mini Soccer Kapolresta Cup III

Koordinator MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang Desa Buntulia Utara Nilzam Abdjul mengatakan bahwa kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkuat solidaritas masyarakat tani dalam memperoleh dan memaksimalkan hasil panen sesuai keinginan masyarakat dan mendiskusikan strategi tanam sampai panen guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian.

“Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pengurus P3A buntulia utara,Kepala Desa Buntulia Utara ,Dinas Pertanian, Danramil Marisa, Badan SDA Dinas PUPR Provinsi ,dan perwakilan dari Pani Gold Project yang juga telah membantu berbagai macam kegiatan mahasiswa KKN,” tuturnya.

BACA JUGA :  Dorong Solidaritas Sosial, PT. AGIT Salurkan Hewan Kurban ke Masyarakat Sekitar Pelabuhan Anggrek Gorontalo Peringati Hari Raya Iduladha

Kepala Desa Buntulia Utara Jardin saleh S.IP. mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa peserta MBKM Terintegrasi KKN Lingkar Tambang.

“Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas masyarakat tani dan juga mampu meningkatkan hasil panen sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Desa Buntulia Utara,” harapnya. (**)