Kunjungi Gorontalo, Wapres Ma’ruf Amin Disambut Adat Mopotilolo

GORONTALO, MEDGO.ID — Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin berkunjung ke Provinisi Gorontalo, Kamis (13/4/2023). Kedatangan Ma’ruf bersama istri Wury Estu Handayani disambut dengan adat Mopotilolo.

Wapres Ma’ruf Amin bersama rombongan tiba di Bandar Udara Djalaludin Tantu sekitar pukul 15.48 Wita menggunakan pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU. Rombongan disambut oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan unsur Forkopimda.

Mopotilolo merupakan rangkaian upacara adat untuk menyambut setiap pejabat tinggi negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Gorontalo. Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Kredit Mobil Gorontalo

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Tahapan adat pertama yakni mopodungga lo adati yang berisi kata kata bijak dalam bahasa Gorontalo.

Tahapan penting lainnya yakni mopodungga lo uyilumo, atau mempersilakan minum. Tahapan ini tidak dilakukan mengingat saat ini Wapres dan rombongan sedang berpuasa. Dilanjutkan dengan pembacaan doa.

BACA JUGA :  Mahasiswa Prodi Keperawatan UNG Gelar Penyuluhan Kesehatan Jiwa di SMA Negeri 2 Gorontalo

Mopotilolo diakhiri dengan prosesi mongabi atau pernyataan secara resmi dari tokoh adat bahwa pejabat yang disambut dengan adat telah mendapat restu untuk berkunjung ke Gorontalo.

BACA JUGA :  Disambut Mopotilolo, Menteri Kesehatan RI Kunker ke Gorontalo

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyambut bahagia kehadiran Wapres Ma’ruf dan rombongan, ia berharap kehadiran ulama besar itu membawa berkah bagi Gorontalo.

“Suatu kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Gorontalo bisa dikunjungi oleh Pak Wapres Ma’ruf Amin. Kehadiran Pak Kiyai mudah mudah membawa berkah dan keselamatan bagi daerah kami,” kata Hamka.

BACA JUGA :  Bulan Mei, Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya di Pohuwato

Wapres akan mengikuti sejumlah agenda selama di Gorontalo. Malam ini akan mengikuti salat isya dan taraweh berjamaah di masjid agung Baiturrahim Kota Gorontalo. Ma’ruf dijadwalkan memberikan ceramah agama.

Sebagai informasi, keesokan harinya, Jumat (14/4/2023) Wapres dijadwalkan menggelar silaturahmi dengan FKUB se-Gorontalo, meninjau Posyandu di Kelurahan Kayubulan Limboto dan Salat Jumat di masjid agung Baiturrahman Limboto, Kabupaten Gorontalo. (Adv/IH)