Ketum PSSI: Siapapun Lawan Kita Di Semi Final Bukanlah Masalah

JAKARTA, MEDGO.ID – Bermaterikan pemain muda seperti Ronaldo Kwateh, Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, Witan Sulaiman, dan Ernando Ari Sutaryadi, penampilan Timnas Garuda U-23 dalam babak penyisihan Grup A cabang olahraga sepakbola putra SEA Games ke-31 2021 di Vietnam, menjadi sebuah bukti adanya peningkatan kwalitas permainan dari Timnas Garuda U-23.

Produktivitas gol Timnas Garuda juga paling subur dari seluruh kesebelasan yang ada di Grup A yaitu dengan mencetak 11 gol dan kemasukan 5 gol, surplus 6 gol.
Selain itu, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaiman, juga masuk dalam daftar 5 besar pencetak gol terbanyak dimana masing-masing mampu mencetak 3 gol.

Dari empat laga, Timnas Garuda U-23 kalah 3-0 pada laga pertama saat lawan Vietnam, menang 4-0 atas Timor Leste pada laga ketiga, menang 4-1 atas Philipina pada laga ketiga, dan menjungkalkan Myanmar dengan skor 3-1 pada laga keempat, Minggu (15/5/2022), menempatkan Timnas Garuda U-23 menjadi Runner up Grup A dengan poin 9 di bawah tuan rumah Vietnam yang mengantongi 10 poin, setelah pada pertandingan terakhirnya menang atas Timor Leste 2-0.

BACA JUGA :  Mantan Napiter Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung

Atas pencapaian Timnas Garuda U-23 tersebut, Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan, Minggu (15/5/2022), mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bangga dan gembira karena Timnas Garuda mampu menembus babak semi final.

Terkait dengan siapa lawan Timnas Garuda di babak semi final, Iriawan tidak mempermasalahkannya dan dirinya optimis Timnas Garuda akan mencapai babak final.

BACA JUGA :  Umar Patek Pelaku Bom Bali 2002, Dibebaskan

‘’Siapapun lawannya di semifinal harus dikalahkan. Kalau melihat grafik penampilan tim yang terus meningkat, saya yakin Timnas Garuda bisa melaju ke final”, tandas Iriawan. Seperti dikutip dari laman pssi.org.

Sementara itu, Shin Tae-yong, usai pasukannya menggulung Myanmar 3-1, mengatakan bahwa untuk melawan Myanmar dirinya memang mengubah taktik dan strategi berdasarkan analisa saat Myanmar melawan Vietnam.

“Myanmar memang baik dalam organisasi permainan, tetapi saya menerapkan taktik pressing yang ketat, dan taktik itu berjalan dengan baik sehingga kita mampu menenangkan pertandingan. Strategi yang saya terapkan itu tergantung lawan yang dihadapi”, tegas Shin Tae-yong.

BACA JUGA :  Rancangan KUHP Jalan Ranjau Wartawan Menuju Penjara

Lawan Timnas Garuda U-23 di babak semi final belum diketahui apakah Thailand atau Malaysia, karena pertandingan terakhir untuk menentukan juara dan runner up Grup B baru akan dilaksanakan Senin (16/5/2022).

Jadwal lengkap semi final sepakbola putra Sea Games 2021 Vietnam, digelar di My Dinh National Stadium, Hanoi.

1. Semi final 1.
Kamis, 19 Mei 2022 pukul 16.00 WIB.
Juara Grup A Vs Runner up Grup B.
2. Semi final 2.
Kamis, 19 Mei 2022 pukul 19.00 WIB.
Juara Grup B Vs Runner up Grup A. (*).