Kata Ketua DPR RI: Timnas Indonesia Mampu Bersaing di Level Dunia

Jakarta, MEDGO.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menjadi satu di antara tokoh yang turut menyaksikan euforia pertandingan tim nasional (Timnas) Indonesia melawan Timnas Argentina, pada Senin (19/06) malam.

Puan menekankan, laga persahabatan kedua negara tersebut menjadi ajang peningkatan kualitas pemain Indonesia.

Puan dalam kesempatan menonton pertandingan Timnas RI dengan Argentina bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi di tribun VVIP Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023) malam. Presiden Jokowi turut mengajak serta cucunya, Jan Ethes.

Di tribun VVIP itu, juga tampak sejumlah pejabat negara lain. Di antaranya Menteri BUMN Erick Tohir sekaligus Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Puan pun memuji penampilan Timnas, walaupun dalam ranking FIFA, posisi Indonesia dan Argentina terpaut cukup jauh.

BACA JUGA :  MK Batalkan DCT DPRD Gorontalo Dapil 6, Perintahkan Pemungutan Suara Ulang

“Walaupun secara ranking FIFA berbeda jauh tapi perjuangan para pemain Indonesia berhasil melakukan perlawanan yang merepotkan Timnas Argentina. Semangat pantang menyerah yang luar biasa, salut!” ucap Puan melalui keterangan tertulisnya, dikutip laman DPR RI, Selasa (20/6/2023),

Di sela-sela pertandingan, dirinya secara khusus mengapresiasi dua pemain Indonesia yang tampil apik saat pertandingan. Mereka adalah sang kapten Asnawi Mangkualam dan Pratama Arhan.

“Tackling Asnawi Mangkualam dan lemparan Pratama Arhan bukan kaleng-kaleng. Perlawanan Timnas Indonesia tadi malam bikin bangga,” ungkap Puan.

Seperti diketahui, skuad garuda harus mengakui kekalahan dengan skor akhir 0:2 untuk kemenangan Argentina dalam laga persahabatan tersebut. Walaupun Indonesia kalah, Puan mengaku bangga atas usaha dan kerja keras Timnas selama melawan tim negara juara Piala Dunia 2022 itu, apalagi kekalahan Tim Merah Putih tidak telak.

BACA JUGA :  MK Batalkan DCT DPRD Gorontalo Dapil 6, Perintahkan Pemungutan Suara Ulang

“Pertandingan persahabatan ini menjadi pijakan bagi timnas sepakbola Indonesia untuk melambungkan kemampuan lebih tinggi, karena dapat langsung mengukur kemampuan permainan dengan standard sekelas timnas Argentina yang kompetensinya tidak diragukan lagi,” papar Cucu Bung Karno tersebut.

Sebab itu, ia mendukung program kolaborasi serupa agar dapat dilanjutkan pada masa yang akan datang. Dengan begitu, kemampuan permainan Timnas Indonesia bisa diakui di Asia hingga dunia.

“Sebagai cabang olahraga yang digemari masyarakat Indonesia, tentu capaian terbaik menjadi mimpi seluruh bangsa. Dengan adanya program-program peningkatan kualitas, kita harapkan bisa membuat mimpi bangsa Indonesia melihat Timnasnya menjuarai turnamen Asia bahkan dunia bisa tercapai,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Gobel: DPR Minta Pembangunan Daerah Perbatasan Jangan Kendor

Melihat antusias masyarakat akan pertandingan kemarin, Mantan Menko PMK ini pun mendorong PSSI untuk kembali mendatangkan timnas atau pemain dari negara lain untuk bertanding dengan Timnas Indonesia. Khususnya, kata Puan, pemain dari negara-negara yang memiliki kualitas setara dengan Argentina.

“Kepada Pak Ketua PSSI, saya minta agar perbanyak mendatangkan Timnas lain yang kualitasnya lebih baik dari Timnas kita sebagai program perbaikan kualitas pemain kita. Dengan mendatangkan pemain kelas dunia, tentunya hal itu juga akan mengobati dahaga kerinduan para suporter Indonesia melihat langsung pemain idolanya berjuang demi mengharumkan nama bangsa,” tutup Puan. (*)