Kapolres Malang AKBP Ferly Hidayat Di Copot Buntut Tragedi yang Menewaskan Ratusan Suporter Di Kanjuruhan

Malang, MEDGO.ID  – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akhirnya mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, sebagai  buntut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. Hal tersebut diungkapkan Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam sebuah pernyataan pers pada Senin (3/10/2022).

AKBP Ferli Hidayat dicopot dari jabatannya saat ini, dan kemudian dimutasi sebagai Pamen di SSDM Polri. Kapolri selanjutnya menyerahkan jabatan Kapolres Malang kepada AKBP Putu Kholis Aryana, yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

BACA JUGA :  UNG Jadi Salah Satu Perguruan Tinggi Pertama Diluncurkan Buku Aldera

Selain itu, sembilan anggota Brimob Polri juga dinonaktifkan terkait kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan. “Kapolda Jatim menonaktifkan Danyon (Komandan Batalyon), Danki (Komandan Kompi), Danton (Komandan Peleton) Brimob sebanyak sembilan orang,” beber Irjen Dedi.

BACA JUGA :  Panitia Apresiasi Antusias Peserta Munas I Pemerhati Jurnalis Siber Tinggi

Kesembilan orang tersebut akan diperiksa oleh Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang khusus menangani kasus tersebut. “Semuanya dalam proses riksa oleh tim malam ini,” jelasnya.

BACA JUGA :  Bahas Program Kerja, Rapimprov I Kadin Gorontalo Resmi Digelar

Sejauh ini, Itsus serta Propam Mabes Polri sudah memeriksa 18 anggota yang diduga bertanggung jawab dalam penembakan gas air mata di Stadion Kanjuruhan pada laga lanjuta kompetisi Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu malam (1/10/2022).(Msol)