Kampanye Gerakan Toilet Bersih di Gorontalo Resmi Digalakkan

Kota Gorontalo, MEDGO.ID  – Kampanye Gerakan Toilet Bersih yang diinisiasi oleh Dinas Parwisata Provinsi Gorontalo resmi digalakkan, Jum’at (13/10/2023). Kegiatan ini ditandai dengan pencanangan secara simbolis yang menghadirkan berbagai pelaku usaha seperti pemilik rumah makan, penginapan dan tempat wisata.

Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo Fima Agustina yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, saat ini sektor pariwisata menjadi unggulan dalam pertumbuhan ekonomi. Olehnya, berbagai upaya perbaikan dan pembenahan fasilitas yang berkaitan dengan sektor pariwisata makin diseriusi.

“Saat ini sektor pariwisata terus diseriusi termasuk di Provinsi Gorontalo. Jadi sudah seharusnya tidak lagi ditunda. Kita harus segera mungkin melakukan perbaikan yang mengarah pada berbagai hal termasuk toilet yang bersih,” kata Fima.

BACA JUGA :  Resmi Dilantik, Usman Dunda Himbau Masyarakat Dapat Memberikan Informasi Kepada Pantarlih 

Fima menambahkan pencanangan ini akan melewati berbagai tahapan-tahapan yang sementara mereka rancang. Mengadakan lomba kebersihan toilet juga menjadi bagian dari tahapan tersebut.

“Nanti bentuknya kita lombakan, dalam arti agar mereka punya semangat dalam memberikan pelayanan dari sisi kedisiplinan dan kebersihannya,” tuturnya.

BACA JUGA :  Pimpin Apel Perdana, Pj. Heri Sampaikan ASN Melayani Masyarakat Sepenuh Hati

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pariwisata Gorontalo Ariyanto Husain menyampaikan pencanangan gerakan toiet bersih ini merupakan awal dari proses pemberdayaan dan pembinaan kepada para pelaku usaha. Kegiatan ini juga adalah sebagai upaya dalam mempersiapkan dan meningkatkan Gorontalo menjadi destinasi wisata yang lebih baik.

BACA JUGA :  Siap-siap! KPU Pohuwato Akan Turun Mengecek Data Pendukung Bapaslon Perseorangan

“Ini sifatnya kick off dari sebuah gerakan, artinya ini bagian dari proses bukan menjadi satu satunya. Tapi awal mula proses pemberdayaan. Melalui pembinaan kepada sektor swasta pariwisata agar terus memperbaiki toiletnya. Sehingga betul-betul siap menerima kunjungan dari wisatawan,” tuturnya.

Kick off gerakan toilet bersih ini dimulai dari Kota Gorontalo, yang selanjutnya akan diikuti oleh seluruh kabupaten lainnya.