Kabupaten Demak Lestarikan Budaya Tradisional Melalui Grebeg Besar dan Pasar Rakyat

Demak, medgo.id – Bupati Demak, Eisti’anah, secara resmi membuka event Grebeg Besar dan Pasar Rakyat Kabupaten Demak tahun 2024, di Taman Parkir Tembiring Jogo Indah, Demak, Jum’at (31/5/2024) malam.

Event Grebeg Besar dan Pasar Rakyat merupakan acara tahunan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Demak.

Peresmian acara Grebeg Besar dan Pasar Rakyat ditandai dengan pemukulan gong Bupati Demak, Eisti’anah, yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, dan dimeriahkan dengan pesta kembang api, serta tarian Si Nok persembahan dari Sanggar Padma Baswara.

BACA JUGA :  POPDA Jawa Tengah 2024 Dibuka Oleh PJ Gubernur Jawa Tengah

Tampak mendampingi Bupati Demak, antara lain Wakil Bupati KH Ali Makhsun, Dandim 0716/Demak Letkol Kaveleri Maryoto, dan Sekda Demak Akhmad Sugiharto beserta asisten.

Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak, Endah Cahya Rini, dan Direktur Diana Ria Enterprise, Muntohar, sebagai pengelola event Grebeg Besar 2024.

Bupati Demak, Eis’tianah, mengatakan bahwa event Grebeg Besar dan Pasar Rakyat Kabupaten Demak tahun 2024 merupakan wujud dari upaya untuk pelestarian budaya tradisional, dan diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan serta kebangkitan sektor perekonomian masyarakat Kabupaten Demak.

BACA JUGA :  Mendongeng Jadi Metode Belajar Bagi Anak-Anak Selain Menggunakan Buku

“Keramaian dan kemeriahan dalam Grebeg Besar dan Pasar Rakyat ini dapat menjadi momentum yang baik bagi Pemkab Demak”, kata Eisti’anah.

Acara ini, lanjut Eisti’anah, tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga bisa memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian lokal dengan meningkatnya transaksi di Pasar Rakyat.

BACA JUGA :  POPDA Jawa Tengah 2024 Dibuka Oleh PJ Gubernur Jawa Tengah

Menurut Eisti’anah, Grebeg Besar dan Pasar Rakyat ini bisa menjadi ajang bagi masyarakat Kabupaten Demak dalam merayakan budaya dan tradisi, sekaligus mendukung ekonomi lokal.

“Kepada aparat keamanan dan warga, saya berpesan agar tetap bersinergi untuk menciptakan suasana yang aman, nyaman, dan kondusif selama berlangsungnya acara Grebeg Besar dan Pasar Rakyat ini”, pungkas Eisti’anah. (*17).