Jangan Biarkan Merusak Aktivitas! Berikut Tips Mencegah Insomnia

Jangan Biarkan Merusak Aktivitas Berikut Tips Mencegah Insomnia (foto ilustrasi)

“Tips mencegah insomnia harus kamu ketahui sekarang juga. Hal ini bukan tanpa alasan, karena gangguan tidur yang satu ini memang tidak boleh kamu anggap remeh begitu saja. Jika kamu terus membiarkan insomnia menghantui, maka dijamin kamu akan kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.”

Insomnia sendiri merupakan kondisi dimana seseorang akan merasa kesulitan untuk tertidur dengan normal. Penderitanya akan terus terjaga hingga tengah malam dan bahkan dalam kondisi yang kronis, insomnia dapat membuat penderitanya tidak bisa tidur semalaman. Jika sudah demikian, maka pastinya kamu akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas kamu keesokan harinya. Perubahan mood yang mendadak juga akan cepat terjadi loh.

Sedangkan menurut medis, gangguan tidur yang satu ini pun ternyata dibedakan menjadi 2 berdasarkan intensitasnya yaitu insomnia akut hingga kronis. Bukan hanya itu saja, gangguan tidur ini pun juga bisa terjadi oleh siapapun. Nah, jika kamu merupakan salah satu penderita insomnia, kamu wajib membaca tips mencegah insomnia dibawah ini.

Tips Terhindar dari Insomnia

  1. Cobalah untuk mengatur jadwal tidur secara konsisten

Memang insomnia sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai macam hal. Termasuk karena ketidakonsistenan dalam menjaga jadwal tidur. Terutama antara hari kerja dengan weekends. Jika kamu selama ini sulit untuk tidur, kemungkinan besar kamu memang tidak mempunyai jadwal tidur yang konsisten yah. Itulah mengapa, kamu bisa langsung mulai mengatur jadwal mulai dari sekarang.

  1. Katakan Tidak untuk minuman berkafein

Di tengah udara yang tengah panas ini, mungkin minuman berkafein dicampur dengan es akan membuat selera kamu tergugah bukan? Eits tunggu dulu, ternyata minuman dengan kandungan kafein ini juga menjadi salah satu penyebab insomnia loh. Terutama apabila kamu tidak memperhatikan waktu mengkonsumsi minuman berkafein tersebut.

  1. Hindari minuman beralkohol

Selain minuman dengan kandungan kafein yang tinggi, minuman dengan kandungan alcohol ternyata juga dipercaya menjadi penyebab insomnia. Baik itu minuman dengan kandungan alcohol yang rendah maupun tinggi. Lagipula minuman ini juga tidak memberikan dampak yang baik bagi kesehatanmu bukan?

  1. Kurangi merokok, Jika perlu hapus kebiasaan tersebut

Tips mencegah insomnia yang bisa kamu terapkan selanjutnya adalah dengan mengurangi rokok. Rokok ini memang tidak memberikan dampak positif apapun bagi tubuhmu justru akan membuat kesehatan organ tubuh kamu semakin menurun. Bukan hanya itu saja, risiko kena insomnia juga akan semakin meningkat.

Tips Melakukan Pencegahan Insomnia Lainnya

  1. Jangan lupa untuk mendapatkan olahraga yang cukup

Siapa sangka apabila olahraga juga bisa menjadi salah satu tips mencegah insomnia yang bisa kamu lakukan? Orang yang jarang olahraga bahkan tidak pernah memang mempunyai kesulitan untuk tidur. Tetapi dengan olahraga cukup, maka tubuh kamu akan lelah sehingga akan membuat kamu ingin mendapatkan istirahat dengan segera bukan.

  1. Buat suasana kamarmu nyaman

Jika cara diatas belum bisa membuatmu tertidur lelap maka langkah yang berikutnya kamu mungkin perlu mengubah suasana kamarmu. Karena ternyata tingkat kenyamanan kamu saat tidur juga akan ditentukan dengan suasana kamarmu loh. Kamu bisa memulai dengan mengatur cahaya dan suhu kamar.

  1. Masih belum bisa tidur? Hindari gadget

Jika cara diatas ternyata masih membuat kamu kesulitan untuk tidur, maka kamu mungkin masih sibuk dengan gadget. Untuk itulah, sebisa mungkin menjelang tidur, kamu bisa menghindarkan diri kamu dari berbagai macam gadget.

Insomnia sendiri memang disebabkan oleh berbagai macam hal termasuk seseorang dengan tingkat stress atau depresi yang tinggi. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa langsung menerapkan tips mencegah insomnia diatas.(MDG-05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here