Kenali Lebih Dekat Fitur Facial Recognition Pada Smartphone

Lebih Dekat Fitur Facial Recognition Pada Smartphone

Teknologi sekarang ini memang mengalami perkembangan yang cukup pesat seperti adanya facial recognition atau lebih dikenal dengan face unlock. Teknologi yang satu ini ternyata sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar dari masyarakat. Hal ini tidak lain karena penggunaannya sudah terdapat pada smartphone yang ada saat ini.

Face unlock ini sendiri seakan menjadi teknologi terbaru yang dipercaya mampu mengamankan data-data pribadi ataupun untuk mencegah adanya hal yang tidak diingankan. Hal ini merupakan sebuah alat pemindai yang mampu memindai wajah kamu yang akan dihubungkan ke computer maupun smartphone.

Facial Recognition yang terdapat pada smartphone sendiri ternyata dibagi menjadi 3 yaitu 2D dan 3D. Dimana jelas face unlock jenis 3D mempunyai tingkat akurasi yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan 2D ketika melakukan proses pemindaian wajah dari berbagai macam sisi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Facial Recognition Pada Smartphone

Pada awal perkembangannya, fitur face unlock ini sendiri terdapat pada perangkat iOs saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, fitur ini sendiri kini sudah bisa kamu temukan pada perangkat android. Kendati demikian, perlu kamu garis bawahi apabila tidak semua smartphone android menyediakan fitur yang satu ini. Mungkin hanya beberapa smartphone dengan keluaran terbaru.

Cara menggunakan fitur unlock yang terdapat pada smartphone ini sendiri sebenarnya cukup simple. Nah, untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa langsung pergi ke menu settings. Langsung saja cari menu security dan kamu bisa langsung memilih menu tersebut. Jika sudah maka pilih screen lock.

Disana kamu akan menemukan berbagai macam menu pilihan, sesuai dengan tujuan kamu maka kamu bisa langsung memilih sub menu facial recognition ini. Mungkin kamu juga akan menemukan adanya peringatan, tetapi kamu bisa langsung mengabaikannya saja. Atur saja posisi perangkat kamu hingga wajah berada di posisi yang tepat, jika berhasil maka akan muncul notifikasi.

Jika peraturan sudah berhasil maka sistem akan meminta kamu untuk melakukan pengaturan backup lock. Hal ini bukan tanpa alasan karena dengan cara inilah, maka perangkat masih mempunyai kunci cadangan apabila tidak berhasil mengenali wajah kamu tersebut. Pilihan kunci cadangan lainnya adalah pola dan pin. kamu bisa langsung memilih sesuai dengan keinginan kamu.

Kelebihan Menggunakan Face Unlock

Fack unlock atau facial recognition ini sendiri ternyata juga menawarkan sejumlah kelebihan yang ditawarkan untuk para pengguna smartphone. Penasaran? Berikut ini ulasannya.

  1. Lebih praktis

Dibandingkan dengan jenis penguncian atau pengamanan lainnya pada smartphone maka pengamanan face unlock ini sendiri ternyata lebih praktis loh. Hal ini tidak lain karena kamu tinggal mengarahkan ponsel kamu pada wajah, maka kunci pada smartphone akan langsung terbuka.

 

  1. Anti pembobolan

Bagi kamu yang takut apabila data kamu dibobol oleh orang lain, maka kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan penggunaan face unlock inilah, kamu bisa meminimalisir semua risiko tersebut. Hal ini tidak lain karena ponsel kamu tersebut hanya akan terbuka apabila wajah kamu sudah terdeteksi.

 

Ini tentu akan meminimalisir adanya pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyadap ponsel kamu tersebut. Berbeda dengan pola atau pin dimana orang lain mungkin masih bisa menebaknya dengan mudah.

Ada banyak teknologi dan fitur yang tersemat didalam smartphone sekarang ini. Salah satunya adalah keberadaan face unlock ini. Dimana sering juga disebut dengan facial recognition yang memberikan banyak manfaat untuk sistem keamanan smartphone kamu.(MDG-05)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here