Inilah Cara Memilih Kamera HP yang Benar dan Berkualitas

Inilah Cara Memilih Kamera HP yang Benar dan Berkualitas
ilustrasi

Zaman sekarang, berbagi aktivitas keseharian dengan mengunggah foto di media sosial itu jadi sebuah rutinitas. Hangout bersama teman, ke kondangan saudara, serta saat traveling bersama pasangan.

Awalnya orang-orang hanya take foto dengan HP ala kadarnya saja. Tapi seiring berjalannya waktu, semakin banyak yang sadar. Menghasilkan jepretan yang ciamik itu perlu seni dan dukungan kamera yang bagus.


So, jika Anda termasuk salah satu orang yang suka mengambil foto di setiap momen dengan HP. Yuk simak cara atau tips memilih HP untuk fotografi berikut! Agar kamu tidak salah pilih.

Cara Memilih Smartphone Untuk Fotografi

HP atau smartphone bukan lagi sekedar alat komunikasi. Tapi juga bisa untuk kegiatan fotografi. Supaya hasil foto Anda bagus, tentu Anda perlu memilih HP dengan kamera yang bagus pula.
Memilih tipe kamera HP yang bagus ternyata bukanlah hal sulit. Asal Anda paham apa yang harus Anda perhatikan. Apa sajakah itu? Mari ketahui melalui tips memilih HP untuk fotografi berikut.

1. Kenali Berbagai Jenis Kamera HP

Sebelum memperhatikan fitur-fitur pada kamera HP. Ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis kamera HP terlebih dahulu.
Saat ini, jenis-jenis kamera HP sudah sangat beragam. Seiring dengan semakin maraknya smartphone fotografi. Yakni aktivitas mengambil foto menggunakan HP.

Inilah Cara Memilih Kamera HP yang Benar dan Berkualitas
ilustrasi

Karena itu, banyak kamera HP yang dikembangkan agar memiliki kinerja seperti DSLR. Misal bisa zoom in dan zoom out. Menyediakan sudut pandang yang lebar. Memberikan efek bokeh dan sebagainya.
Dalam satu HP biasanya terdapat lebih dari satu jenis kamera. Bahkan ada yang sampai memiliki 5 jenis kamera. Lalu apa saja sih jenis-jenis HP kamera itu?
Antara lain; kamera wide atau kamera utama, kamera ultra-wide, kamera telefoto, kamera depth sensor, kamera monokrom, kamera ToF, TOF 3D LiDAR scanner, periscope, dan kamera macro. Setiap jenis kamera tersebut memiliki fungsi berbeda-beda.

2. Perhatikan Fitur-Fitur pada Kamera HP

Masing-masing kamera HP berbeda-beda. Ada yang memiliki fitur yang lengkap ada yang tidak. Namun fitur juga termasuk hal yang harus Anda perhatikan. Simak apa saja fitur pada kamera HP.

  • EIS dan OIS, Fitur Stabilizer

EIS (Electronic Image Stabilizer) dan OIS (Optical Image Stabilizer) sama-sama berfungsi sebagai penstabil saat proses pengambilan foto. Bedanya, OIS ditempatkan pada Lensa dan EIS ditanamkan sebagai program pada lensa.

  • Fixed Fokus

Fixed Focus atau FF merupakan fitur yang berfungsi memfokuskan objek. FF biasanya terdapat pada kamera dengan lensa yang kecil.

  • Autofocus dengan Teknologi PDAF

Autofocus (AF) berfungsi untuk memperjelas berbagai objek yang hendak Anda tangkap. AF ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang bernama PDAF (Phase Detection Autofocus).
Karena adanya teknologi ini. Sebuah kamera jadi bisa mengambil fokus secara otomatis secara cepat.

  • HDR

Fitur HDR (High Dynamic Range) memungkinkan kamera HP untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih luas saat proses pengambilan foto. Karena itu, foto yang Anda ambil dengan mode HDR biasanya lebih bagus ketimbang foto dengan mode normal.

  • Night Mode

Pentingkah fitur night mode ini? Tentu saja penting. Sebab fitur ini bisa membantu Anda saat mengambil gambar di malam hari. Meski tak ada cahaya matahari. Asal ada fitur ini, Anda tetap bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

  • Pahami Spesifikasi Umum pada Kamera HP

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah spesifikasi pada kamera HP. Berikut beberapa spesifikasi kamera HP yang harus Anda pahami.
Camera Sensor
Camera sensor (sensor kamera) bertugas untuk menangkap gambar. Kemudian gambar tersebut dikirimkan ke storage atau tempat penyimpanan. Umumnya sensor kamera ini adalah sebuah chip yang terletak pada lensa kamera.

  • Resolution (Jumlah Pixel)

Resolusi merupakan istilah yang menyatakan jumlah piksel pada sebuah lensa kamera. Satuannya adalah Megapiksel atau disingkat MP.
Lalu berapa MP kamera HP yang bagus? Hal ini bergantung kepada merek Hp yang Anda punya. Sebab HP dengan kamera 48 MP belum tentu lebih bagus dibandingkan HP yang memiliki kamera 16 MP.
Kenapa? Soalnya banyak sekali MP kamera pada HP merupakan gabungan dari beberapa pixel yang dijadikan satu. Serta kualitas foto juga membutuhkan dukungan software yang bagus pula.

  • Aperture atau Bukaan

Tugas utama dari aperture adalah menangkap cahaya. Biasanya dinyatakan dengan huruf F dan angka (f/angka). Misal f/6, f/8, atau f/11.


Angka disini menunjukan nilai bukaan dari lensa. Semakin besar angka, maka semakin kecil bukaan. Sebaliknya, semakin kecil angka maka semakin besar bukaan, cahaya yang masuk juga lebih banyak.

  • LED Flash

Soal yang satu ini Ada pasti sudah tak asing lagi. Hampir semua HP saat ini memiliki LED Flash. Gunanya untuk membantu memberikan cahaya saat Anda memotret di tempat yang kekurangan sinar matahari.
Meski mudah, memilih HP yang benar dan berkualitas butuh ilmu. Setidaknya Anda harus mengetahui 3 hal berikut. Yakni pengetahuan tentang jenis kamera, fitur dan spesifikasi pada kamera.
Mengetahui jenis kamera bisa membantu Anda untuk menentukan tipe HP yang Anda butuhkan. Sebab setiap HP pasti memiliki jenis kamera yang berbeda.
Selain menentukan jenis kamera yang Anda butuhkan. Anda juga perlu membeli HP yang memiliki fitur dan spesifikasi kamera yang lengkap. Semakin lengkap artinya kualitas kamera HP semakin bagus.

Salah satu merk HP yang memiliki fitur dan spesifikasi kamera yang lengkap adalah vivo. Karena itu tak perlu ragu untuk memilih Vivo sebagai HP kesayangan.
Segera beli Vivo secara online di Blibli. Salah satu e-commerce terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Menyediakan beragam diskon dan promosi. Jika beruntung Anda bahkan bisa mendapatkan potongan harga sampai 50%.

Demikian artikel tentang tips memilih HP untuk fotografi ini ya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih HP dengan kamera yang bagus.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here