Gobel Apresiasi Buku Tulisan Hamim Pou

JAKARTA, MEDGO.ID — Buku yang berjudul ‘Belajar Dari Bone Bolango. Mengkaji Kebijakan Pengentasan Kemiskinan di Perdesaan’ mendapat respon positif dari berbagai kalangan usai dilaunching pada kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Gedung Layanan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Senin (27/3/2023).

Respon positif itu datang dari, Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel. Putra kebanggaan Provinsi Gorontalo yang duduk di parlemen senayan sekarang itu mengapresiasi Bupati Bone Bolango, Hamim Pou yang memiliki keberanian untuk menulis mengangkat kemiskinan di wilayahnya.

“Mengangkat kemiskinan dalam sebuah buku ini luar biasa. Merupakan langkah berani karena jika kita mengakui maka ini menjadi modal untuk kita mau membangun Gorontalo,” pujinya.

Kredit Mobil Gorontalo

Sementara itu pada sesi diskusi, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas Maliki menyayangkan, berdasarkan data dari BPS bahwa ternyata bantuan sosial saat ini banyak sekali menjadi pinjaman mendapatkan hutan, bukan lagi untuk menangani kebutuhan mendesak.

“Kemiskinan itu jangan dipelihara, dan jangan berlomba untuk menjadi miskin. Sehingga perlu dibangun jiwa kemandirian masyarakat,” katanya.

BACA JUGA :  Hendra Saputra Koniyo, Kenangan Masa Kecil dan Visi untuk Bone Bolango

Ditempat yang sama, Editor Senior Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Candra Gautama mengatakan, masalah kemiskinan di Indonesia sudah seperti lingkaran setan. Namun masalah kemiskinan, hanya menjadi studi yang dilakukan oleh akademisi dan sesekali dilaporkan.

BACA JUGA :  Wali Kota Gorontalo Tekankan Pentingnya Digitalisasi Transaksi Pemerintah Daerah

“Dari buku ini memiliki kekuatan untuk memprovokasi kepala daerah untuk melakukan inovasi dalam pengentasan kemiskinan,” ujarnya. (Adv/IH)