Gelar Temu Mitra di Gorut, Diskumperindag Gorontalo Pacu Pengembangan Koperasi

Gorut, MEDGO.ID – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, terus melakukan upaya pengembangan koperasi di daerah. Salah satunya adalah dengan membuka akses pembiayaan bagi pelaku koperasi, selain yang terus dilakukan selama ini adalah melakukan pendampingan.

Hal ini terungkap dalam kegiatan temu mitra pelaku koperasi dengan pihak perbankan, yang berlangsung di Kwandang, Gorontalo Utara, Jumat (23/6).

Kepala Dinas Kumperindag Provinsi Gorontalo, Risjon K Sunge, mengatakan, temu mitra sangat penting dilakukan, untuk menyamakan persepsi antara instansi pemerintah yang membidangi koperasi dan UMKM bersama pihak perbankan dalam rangka akses pembiayaan koperasi dan UMKM.

Kredit Mobil Gorontalo

Menurut Risjon, salah satu kendala koperasi dan UMKM berkembang adalah ketersediaan modal. Padahal, lanjut dia, UMKM dan koperasi merupakan sektor penggerak ekonomi rakyat yang utama.

“Dengan pertemuan ini, kita koordinasi dan konsolidasi antara Diskumperindag Provinsi Gorontalo, dan Dinas Koperasi UMKM Gorontalo Utara, bersama pihak pembiayaan dalam hal pemodalan koperasi dan UKM,”ujar mantan Kepala Bappeda Gorontalo Utara itu.

BACA JUGA :  Bulan Mei, Menteri Pertanian Hadiri Panen Raya di Pohuwato

Dikatakanya, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk mencari solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi koperasi dalam mengakses pembiayaan seperti KUR dan program UMI. “Seperti KUR, kita cari solusi, bagaimana koperasi di Gorontalo Utara bisa mengakses KUR dan program UMI,”jelas Risjon.

BACA JUGA :  Menuju Pilkada 2024, KPU Pohuwato Fokus Pada Akurasi Data Pemilih

Risjon berharap tidak adalagi koperasi yang ‘matisuri’ lantaran kesulitan akses pembiayaan.

“Dengan fasilitasi ini, semoga koperasi terus tumbuh, begitu pun dengan UMKM,”terangnya. (adv/IH)