Forum Perangkat Daerah Kota Gorontalo Mulai Bahas Penyusunan RKPD Tahun 2025

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Dalam upaya meningkatkan efektivitas dan keterpaduan pembangunan di Kota Gorontalo, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid, memimpin pembukaan Forum Perangkat Daerah Kota Gorontalo Tahun 2024 pada Jumat (01/03).

Forum ini menjadi momentum penting dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gorontalo Tahun 2025.

Dalam sambutannya, Ismail Madjid menekankan pentingnya proses perencanaan dalam keseluruhan proses pembangunan. Beliau menyatakan bahwa keberhasilan pembangunan Kota Gorontalo sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan yang dilakukan oleh seluruh perangkat daerah terkait.

Kredit Mobil Gorontalo

“Segala hal yang menyangkut proses pembangunan, ditentukan, dihitung, dan dianalisis dalam proses perencanaan. Apabila salah dalam melakukan perencanaan, maka pada saat itu pula sedang merencanakan sebuah kegagalan,” ujar Ismail Madjid.

Forum Perangkat Daerah ini merupakan tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD, di mana prioritas kegiatan akan dibahas dan disepakati bersama pemangku kepentingan. Selain itu, forum ini juga menjadi wadah untuk mendapatkan klarifikasi dari pemerintah daerah terkait usulan prioritas dari musrenbang tingkat kecamatan. Hal ini dalam rangka menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2025.

BACA JUGA :  Pj Bupati Batu Bara Beri Bantuan Protein Hewani Sebanyak Empat Ribu Bungkus

Salah satu aspek yang menjadi sorotan dalam forum ini adalah kebijakan pengalokasian anggaran sebesar 250 juta per kelurahan. Anggaran ini diharapkan dapat membiayai program pembangunan dan pemberdayaan sesuai dengan skala prioritas di masing-masing kelurahan. Ismail Madjid menyampaikan harapannya agar kebijakan ini dapat memberikan kepastian anggaran bagi usulan-usulan yang berasal dari masyarakat.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Batu Bara Bersama Wakapolda Sumut Cek Pospam Ops Ketupat Toba 2024

Meskipun anggaran pembangunan melalui APBD Kota Gorontalo terbatas, Ismail Madjid mengajak untuk memanfaatkan berbagai program dari sumber dana lain guna optimalisasi pembangunan Kota Gorontalo.

“Kami berkomitmen untuk memperhatikan dan memperbaiki strategi penganggaran yang lebih tepat sasaran dalam mengakomodir kepentingan dan kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA :  Hari ke-2 Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Hadiri Open House Gubernur Sumatera Utara

Forum Perangkat Daerah Kota Gorontalo menjadi momen penting bagi penyelarasan prioritas pembangunan dan memperoleh masukan guna menajamkan target kinerja sasaran, program, kegiatan, lokasi, dan kelompok sasaran dalam RKPD Tahun 2025.

Selanjutnya, proses penyusunan RKPD Kota Gorontalo akan terus berlangsung dengan melibatkan seluruh stakeholders terkait. Diharapkan RKPD Tahun 2025 dapat menjadi instrumen yang efektif dalam memacu pembangunan Kota Gorontalo menuju arah yang lebih baik dan berkelanjutan. (IH)