Di Rapat Forum Perangkat Daerah, Wabup Suharsi Tekankan Prioritas Pembangunan Daerah

 

 

POHUWATO, MEDGO.ID – Guna menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien. Maka tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah perlu dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, saat memimpin rapat bersama Forum Perangkat Daerah, di Aula Tarsius Bapppeda, Selasa, (19/03/2024).

 

Lanjut Wabup Suharsi, forum perangkat daerah merupakan bagian dari tahapan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan yang dituangkan dalam rencana kerja atau renja perangkat daerah dan bermuara pada rencana kerja pembangunan daerah atau RKPD dan rencana anggaran pendapatan belanja daerah atau RAPBD.

 

BACA JUGA :  Persiapan Menyambut Kunker Presiden Jokowi, Pemda Pohuwato Sudah Sangat Siap 

“Saya mengharapkan seluruh mekanisme dan tahapan penyusunan perencanaan pembangunan benar-benar menjamin keterlibatan semua elemen masyarakat untuk menyampaikan saran dan usulan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di daerah ini”,katanya.

Kredit Mobil Gorontalo

 

Ia menegaskan apa yang dilaksanakan hari ini sangat penting dalam membahas usulan kecamatan dan mempertajam rencana kerja pembangunan daerah.

 

Disamping, untuk memenuhi tuntutan pendekatan pembangunan berdasarkan perundang-undangan, juga akan membuat perencanaan pembangunan semakin terarah, terukur, dengan memperkuat indikator kinerja setiap program kegiatan.

 

Kemudian menetapkan target capaian yang jelas serta logis dan mampu dilaksanakan, baik pencapaian target tahunan maupun jangka menengah lima tahunan.

BACA JUGA :  Hari ke-2 Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Hadiri Open House Gubernur Sumatera Utara

 

“Perlu kami ingatkan kepada seluruh camat dan pimpinan OPD bahwa pembahasan pada forum perangkat daerah ini dalam rangka menentukan prioritas program dan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2024, tentu harus mempertimbangkan dan disejalankan dengan sasaran pembangunan tahun anggaran 2025 yang diarahkan pada peningkatan produktivitas masyarakat, kualitas SDM, infrastruktur dan lingkungan”,terang Wabup Suharsi.

 

Tak lupa, Wabup Suharsi juga mengingatkan untuk arah kebijakan dan sasaran pembangunan harus difokuskan kepada target capaian visi RPJMD 2021-2026 yakni sehat, maju, dan sejahtera.

 

BACA JUGA :  Rayakan Idul Fitri, Pj. Bupati Batu Bara Gelar Open House

Artinya, kita akan melanjutkan membangun dan menciptakan upaya-upaya kesehatan masyarakat secara lebih luas dan menyeluruh, kita tetap akan memprioritaskan upaya peningkatan mutu pelayanan pendidikan bagi semua masyarakat.

 

Kita akan terus mendorong pembangunan infrastruktur dasar, kita akan maksimalkan upaya mempertahankan dan meningkatkan produksi dan distribusi pangan, serta upaya-upaya penanggulangan kemiskinan melalui sektor pertanian, peternakan, perikanan, UMKM, dan sektor produksi lainnya.

 

“Olehnya sekali lagi saya tekankan bahwa prioritas pembangunan yang diusulkan oleh kecamatan untuk ditampung menjadi rencana kerja perangkat daerah harus berorientasi pada pencapaian Pohuwato Sehat, Maju, dan Sejahtera”,ujar Wabup Suharsi Igirisa.