Desa Tongo dan Kemiri di Bone Bolango Jadi Lokasi TMMD ke 177

Bonebol, MEDGO.ID – Desa Tongo dan Kemiri di Kecamatan Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango menjadi lokasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Tahun Anggaran 2023 wilayah Kodim 1304/Merdeka.

Pencanangan program ini ditandai dengan upacara yang dihadiri langsung Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, bertempat di Lapangan Sebanusa, Desa Tongo, Rabu (12/7/2023).

Program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pembangunan di daerah ini akan dilaksanakan selama 30 hari.

Kredit Mobil Gorontalo

Terhitung sejak tanggal 12 Juli hingga 10 Agustus 2023. Pra TMMD juga telah dilaksanakan selama 11 sejak tanggal 1-11 Juli 2023.

”Pelaksanaan TMMD ini untuk membantu Pemda setempat dalam rangka mensejahterakan masyarakat. Ada dua sasaran yang kita tergetkan, baik secara fisik maupun non fisik. Secara fisik itu adalah infrastruktur yang mencakup kepentingan umum, contohnya jalan,” ungkap Dandim 1304/Gorontalo Letkol Inf. Mustamin saat diwawancarai.

BACA JUGA :  Di Harkitnas ke-166, Bupati Saipul Serahkan SK 555 PPPK Pohuwato

Pelaksanaan TTMD ditargetkan pada dua sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik terdiri dari pembuatan jalan Rabat Beton menuju Desa Kemiri sepanjang 900 meter dengan 2,5 meter dan pembuatan hals/jamban sebanyak 83 unit tersebar di wilayah Bone Bolango.

BACA JUGA :  Pemkab Batu Bara Mendukung Fashion Week

Sementara sasaran non fisik diadakan penyuluhan kepada masyarakat melalui pertemuan oleh tim asistensi dari dinas terkait berupa penyuluhan Kamtibmas, wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dan penyuluhan Hukum. Ada juga penyuluhan bahaya narkoba, simulasi pemilu, penyuluhan perikanan, Kesehatan dan KB, serta penanggulangan bencana.

Bupati Bone Bolango bertindak sebagi inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan TMMD telah menjadi salah satu pilar untuk tetap tegaknya NKRI, serta memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa. Ia berharap, kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat semakin erat, begitu pula soliditas dan sinergitas antara TNI, Polri, pemda dan masyarakat.

BACA JUGA :  Menuju Pilkada 2024, KPU Pohuwato Fokus Pada Akurasi Data Pemilih

“Saya berpesan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan TMMDI ini, baik TNI, Polri, pemerintah desa maupun masyarakat untuk senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program TMMD ini, serta bersedia untuk bekerja sama dan bergotong royong,” ujar Hamim.

Usai pelaksanaan upacara, Penjabat Sekdaprov, Bupati Bone Bolango, Danrem 133/Nani Wartabone serta jajaran pimpinan Forkopimda lainnya turut menyerahkan makanan B2SA untuk tengkes. Selanjutnya rombongan meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, pasar murah, dan peninjauan rapat beton di Desa Kemiri. (Adv/IH)