Dampak Wabah Corona Perputaran Ekonomi Menurun, Nelson Pomalingo Siapkan Bantuan

Kabgor, (MEDGO.ID) – Dampak penyebaran virus  corona (Covid-19), Bupati Nelson Pomalingo bakal memberikan bantuan untuk mengantisipasi penurunan ekonomi di Kabupaten Gorontalo (Kabgor), dengan melakukan penanganan khusus bagi masyarakat akibat terdampak virus corona. Persiapannya dilakukan melalui rapat, yang berlangsung di ruang kerja Bupati, Rabu (01/04).

Rapat tersebut di khususkan membahas sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan ketahanan pangan.

” Disana ada petani miskin kurang lebih 34 ribu, termasuk nelayan ada 2 ribu lebih, ini harus di pikirkan bagaimana harus di bantu,” ucap Bupati usai melakukan rapat.

Kredit Mobil Gorontalo

Saat menjawab pertanyaan dari sejumlah media, terkait sejauh man perhatian pemerintah kabupaten gorontalo, dalam membantu masyarakat yang mengalami dampak sosial.  Nelson mengatakan lugas bahwa  pihaknya sudah melakukan langkah nyata dengan memberikan bantuan tanggap bencana.

“Pertama Kami membantu melalui safety sosial (pengamanan sosial), itu sudah ada di dinas sosial, kedua pemulihan mereka,” jawab Nelson.

BACA JUGA :  Alwi Podungge Dorong Pemkot Gorontalo Salurkan Bantuan secara Merata dan Tepat Sasaran

Dengan adanya virus Covid-19 ini tentu para nelayan, sangat merasakan dampaknya, dari sisi penjualan mengalami penurunan,  sampai pada pendapatan  kesaharian mereka turun drastis.

“Contohnya saya lihat nelayan kita hari ini tetap berproduksi, problema meraka adalah yang membeli tidak ada, maka itu yang kita pikirkan, misalnya ikannya kita beli kemudian kita bagi ke masyarakat.”ujar Nelson

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek untuk Pimpinan dan Anggota

Kemudian untuk para petani buruh, kita bantu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan untuk meringkan kebutuhan sehari-hari, selama mereka belum mendapatkan atau berdiam dirumah dan tidak bekerja.

“Misalnya kita berikan alat traktor, pemipil jagung, protok padi, karna itu yang menjadi modal mereka untuk bekerja,” jelasnya

BACA JUGA :  Proses Pengadaan Barang dan Jasa Diminta Sesuai Tatanan Masyarakat

Peternak juga akan kita bantu seperti di daerah – daerah lain,  yang akan di berikan pada bulan Mei mendatang, akan tetapi harus di rancang dari sekarang.
” Seperti yang ada di Boliohuto cs yang 50 ekor tapi mungkin ini kita bantu hanya 20 ekor karna itu anggaran pusat,” kata Nelson

Pemerintah Kabupaten Gorontalo sementara ini masih memastikan datanya untuk pengaman sosial selama 1 sampai 2 bulan kedepan dan juga terkait dengan pemulihannya,  pihaknya masih meninjau apa yang perlu di bantu. ( Haryono)