Bone Bolango Kembali Dipercaya Jadi Lokasi Puluhan Mahasiswa Magang Bersetifikat

Bonebol, MEDGO.ID – Kabupaten Bone Bolango kembali mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) Republik Indonesia menjadi lokasi program Magang Bersertifikat Pertanian Konservasi lewat Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 5 tahun 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kabupaten Bone Bolango, Dr. Basir Noho, mengatakan dalam program ini sebanyak 50 mahasiswa dari 39 perguruan tinggi negeri dan 11 perguruan tinggi swasta menjadi peserta magang bersertifikat di Bone Bolango.

“Jumlah mahasiswa dan perguruan tinggi itu, meliputi wilayah Jawa Sumatera 23 orang, Nusa Tenggara dan Bali 3 orang, Sulawesi 16 orang, dan kalimantan 1 orang,”kata Basir Noho, di sela-sela pelaksanaan apel kerja yang dirangkaikan dengan penerimaan mahasiswa Magang Bersertifikat, di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (4/9/2023)

BACA JUGA :  Apresiasi Gebyar SMS Jilid IV di Paguat Kemarin, Otan Mamu : Sangat Berbeda

Adapun dasar pelaksanaan program ini, sebut Basir Noho, yaitu Keputusan Dirjen Dikti Riset dan Teknologi Kemendikbud Nomor : 106/e/KPT/2023 dan PKS antara Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dan Bappeda Litbang Nomor : 4693/E2/PP.02.10/2023 Bappeda Litbang Bone Bolango sebagai mitra pelaksana magang bersertifikat.

“Tujuan pelaksanaan program, yakni mahasiswa mampu meningkatkan hard skill dan soft skill, melalui pengembangan pendidikan program kolaboratif dan partsipatif project based learning,”sebut Bano, sapaan akrab Kepala Bappeda-Litbang, Basir Noho.

BACA JUGA :  Apresiasi Gebyar SMS Jilid IV di Paguat Kemarin, Otan Mamu : Sangat Berbeda

Sebelumnya, Bano menjelaskan bahwa program magang bersertifikat ini sudah melalui proses seleksi yang ketat, dimana pendaftaran pada platfom Kampus Merdeka sebanyak 1.378, lulus seleksi administrasi dan tes kebhinekaan sebanyak 1.248, lulus tes uji kelayakan publik sebanyak 438, interview sebanyak 393 dan penetapan peserta magang sebanyak 50 mahasiswa.

“Para mahasiswa ini mulai diterjunkan ke lokasi magang tanggal 6 September 2023, dimana untuk pelaksanaan program ini sampai dengan tanggal 31 Desember 2023 sesuai ketentuan Kemendikbudristek,”terang Basir.

Dia menambahkan sebagai informasi bahwa Bappeda Litbang Kabupaten Bone Bolango juga menjadi mitra Kemendikbud pada program DBI (Dosen Bekerja di Industri). Akan ada 1 orang dosen dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dengan keilmuan kepariwisataan dan 1 orang dosen dari Universitas Ivet Semarang dengan keilmuan lingkungan yang akan magang di Bappeda Litbang selama 3 bulan, yaitu tanggal 18 September-30 Nopember 2023 untuk melakukan penelitian di Bone Bolango.

BACA JUGA :  Apresiasi Gebyar SMS Jilid IV di Paguat Kemarin, Otan Mamu : Sangat Berbeda

“Selain itu, ada peserta PKKM UAJY selama 4 bulan sebanyak 2 orang program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, selanjutnya akan menyusul 18 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Periwisata pada bulan Oktober nanti,”tutup doktor Basir Noho.