BMKG Imbau Warga Gorontalo Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca untuk hari Selasa, 20 Juni 2023 di wilayah Provinsi Gorontalo yang berlaku mulai pukul 08.00 Wita (24 jam).

Pada pagi hari kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan di wilayah Tilamuta, Kwandang, Atinggola, Kota Gorontalo, Kab. Bone Bolango dan sekitarnya.

“Pada siang hari kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan hampir di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo,” kata Frankie Rizky Stevent Prakirawan Cuaca, BMKG Gorontalo, Senin (19/6/2023).

Kredit Mobil Gorontalo

Frankie Rizky Stevent  menejlaskan potensi hujan sedang di wilayah Paguat, Paguyaman Pantai, Tibawa, Batudaa, Kota Gorontalo dan sekitarnya. Potensi hujan lebat disertai kilat/petir di wilayah Taluditi, Tolinggula, Asparaga, Boliyohuto, Limboto dan sekitarnya.

Pada malam hari kondisi cuaca umumnya cerah berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan di wilayah Popayato, Randangan, Tilamuta, Paguyaman Pantai, Biluhu, Suwawa, Kabila Bone, Bone Raya, Pinogu dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa Prodi Keperawatan UNG Gelar Penyuluhan Kesehatan Jiwa di SMA Negeri 2 Gorontalo

Pada dini hari kondisi cuaca umumnya berawan hingga hujan. Potensi hujan ringan di wilayah Tilamuta, Paguyaman Pantai, Boliyohuto, Anggrek, Biluhu, Batudaa, Kota Gorontalo, Suwawa, Kabila Bone, Bone Raya, Pinogu dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Hendra Saputra Koniyo, Kenangan Masa Kecil dan Visi untuk Bone Bolango

“Potensi kabut di wilayah Tibawa,” ucap Frankie Rizky Stevent.

Suhu antara 24 – 33 derajat Celsius denagn kelembaban antara 60 – 95%. Arah angin dari tenggara – barat daya dengan kecepatan mencapai 10 km/jam.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Pohuwato, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Boalemo dan sekitarnya.

BACA JUGA :  Hendra Saputra Koniyo, Kenangan Masa Kecil dan Visi untuk Bone Bolango

Prakiraan gelombang jalur penyeberangan di lokasi Laut Sulawesi Gorontalo Utara kondisi cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari barat daya – barat dengan kecepatan 12 – 30 km/jam. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 m.

“Di Teluk Tomini kondisi cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari barat – barat laut dengan kecepatan 12 – 30 km/jam. Ketinggian gelombang mencapai 0,5 m,” pungkas Frankie Rizky Stevent. (**)