Bencana Alam Intai Beberapa Daerah di Sumatera Barat

Bukittinggi, (MEDGO.ID – Berdasarkan info dari BMKG dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, menyatakan bahwa Sumatera Barat sangat berpotensi terjadinya bencana banjir, banjir bandang, puting beliung, kebakaran hutan, gempa bumi, abrasi pantai, dan kebakaran.

Selanjutnya, menurut surat Mendagri no 360/1317 SJ perihal antisipasi dan kesiapsiagaan daerah menghadapi bencana dengan langkah-langkah membentuk posko bencana, menyiagakan seluruh aparatur pemerintah, menyiapkan sarana dan prasarana, mengalokasikan anggaran Belanja Tak Terduga (BTT), dan menyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat.

Dari tinjauan, cuaca ekstrem yang belakangan ini sering melanda beberapa daerah di Sumatera Barat membuat warga Bukittinggi-Agam semakin antisipasi akan datangnya bencana alam.

BACA JUGA :  Empat Pelaku Pembunuhan Brian Husain Terancam Hukuman Mati

Ada beberapa titik dikawasan Bukittinggi-Agam yang rawan terkena bencana alam seperti Malalak, Baso, Palupuah, Kecamatan 4 Koto, Ngarai Sianok, Pasar Bawah, Anak Aia, Pintu Kebun, Tarok, dan lainya.

Dari sisi peralatan dan personil kesiapsiagaan sudah disediakan di BPBD, dan bisa langsung berangkat ke lapangan sesuai dengan situasi dan kodisi. Sewaktu disisip oleh H. Irwandi, S.H selaku wakil walikota Bukittinggi ketika apel gelar pasukan dalam acara Kesiapsiagaan Kewilayahan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan di Lapangan Kantin, Kota Bukittinggi. Sabtu (15/02).(Ayu)

BACA JUGA :  Hanya Menegur, Pria Asal Kota Gorontalo Ditikam OTK di Pohuwato 

Editor:Surya Hadinata