Bawaslu Bone Bolango Perketat Pengawasan PSU di Poowo Barat

Bonebol, MEDGO.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango mengambil langkah tegas dengan memperketat pengawasan pada proses Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 02 Desa Poowo Barat, Kamis (22/02). Tindakan ini dilakukan menyusul adanya perbedaan yang mencolok antara jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dengan jumlah pemilih yang hadir.

BACA JUGA :  Habiskan Anggaran 437 Miliar, Bandar Panua Pohuwato Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bone Bolango, Sofian Djama, mengungkapkan bahwa salah satu strategi yang diterapkan adalah pengawasan khusus di empat TPS, termasuk TPS 02 Poowo Barat. Bersama pengawas desa dan kelurahan, Bawaslu membagi tim untuk mengawasi pemungutan suara ulang dengan cermat.

“Pembagian tugas dilakukan agar pengawasan dapat berlangsung efektif. Setiap detail proses PSU di empat TPS tersebut akan dikawal dengan cermat,” ungkap Sofian. Upaya pencegahan juga dilakukan secara tegas terhadap pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Kredit Mobil Gorontalo

Dari total 236 pemilih terdaftar di TPS 02 Poowo Barat, hanya sekitar 140 orang yang hadir pada pukul 10 pagi. Namun, harapan masih terbuka mengingat partisipasi pemilih pada pemungutan suara sebelumnya mencapai 222 orang.

Tujuan dari pengawasan yang ketat ini adalah untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam PSU, sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan lancar, adil, dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Semoga proses pemungutan suara berlangsung dengan baik dan menghasilkan keputusan yang memenuhi kehendak rakyat.