Bahas Jembatan Molintogupo, Besok Rachmat Gobel Temui Menteri PUPR

Wakil Ketua Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan (Korinbang) DPR RI Rachmat Gobel saat memimpin Rapat Konsultasi Pimpinan DPR RI didampingi Pimpinan Komisi I, III, IV, dan Pimpinan Banggar dengan pemerintah di Gedung DPR RI, Senayan Jakarta, Senin (8/6/2020). Foto : Ist/Man

Gorontalo, (MEDGO.ID) — Wakil ketua DPR RI Rachmat Gobel, telah mengagendakan pertemuan Dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono, guna membicarakan langkah dan upaya kongkrit pemerintah, untuk merekonstruksi kembali Jembatan Molintogupo yang ambruk akibat diterpa air bah, Kamis siang tadi (11/6).
“Saya telah melihat rekaman video yang di kirim warga ke saya, dan saya telah menghubungi Pak Basuki (Menteri PUPR, red) guna meminta upaya kongkrit guna menjawab masalah tersebut, besok saya sudah mengagendakan waku untuk bertemu beliau, ungkap Rachmat dari balik telepon selulernya, siang tadi
(11/6).

Agenda pembicaraan aleg DPR RI wakil Gorontalo dari Partai NasDem itu, tidak lepas dari peluang penyediaan anggaran pemerintah pusat untuk pembangunan kembali jembatan tersebut. Hasil pembiacaraan itu akan diupayakan semaksimal mungkin untuk dibicarakan dalam pembahasan tingkat lanjut antara pemerintah dan DPR.

Rachmat juga telah menghubungi Kepala Kantor Balai Sungai Provinsi Gorontalo, guna mendorong percepatan Koordinasi dana perencanaan rekonstruksi jembatan tersebut bersama pemerintah setempat. Mengingat status jembatan tersebut merupakan bagian kewenangan pemerintah Provinsi Gorontalo. Kantor Balai Sungai merupakan salah satu, satuan kerja perangkat kementrian PUPR yang berkedudukan
di daerah.

BACA JUGA :  Akar Ruput PDI Perjuangan, Lebih Mendukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Kamis siang tadi (11/6), jembatan Molintogupo yang menjadi penyokong arus mobilitas orang dan komoditi pertanian masyarakat Kecamatan Suwawa dan Kecamatan Suwawa Selatan di Kabupaten Bone Bolango itu, hanyut diterpa air bah akibat hujan deras yang melanda daerah sekitar.
Jembatan yang terbuat dari rangkain konstruksi baja dan beralas kayu tersebut, telah berulang kali di aspirakan warga untuk diperbaiki, karena sudah cukup beresiko bagi keselamatan warga.

Namun perbaikan jembatan tersebut, belum juga mendapat prioritas dari pemerintah setempat, hingga jembatan tersebut, akhirnya hanyut oleh derasnya air bah yang melintasi Sungai Alale.
Jembatan Molintogupo Suwawa merupakan salah satu jembatan yang sempat dikunjungi Rachmat Gobel pada akhir Maret 2019 kemarin. Sebelum menjadi Anggota DPR RI, masyarakat telah menitipkan aspirasi perbaikan Jembatan Molintogupo, saat bertatap muka dengan warga.

BACA JUGA :  Akar Ruput PDI Perjuangan, Lebih Mendukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Bukan hanya warga, Pemerintah Bone Bolango pun, sempat dibuat pusing dengan kondisi jembatan yang mencemaskan keselamatan warga tersebut. Pasalnya Pemerintah Bone Bolango tidak diberikan kewenangan melakukan perbaikan jembatan tersebut, lantaran status jembatan tersebut, merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Akar Ruput PDI Perjuangan, Lebih Mendukung Ganjar Pranowo Capres 2024

Bupati Bone Bolango Hami Pou, bahkan mengakui telah berulang kali mengajukan permohonan perbaikan jembatan tersebut kepada pemeirntah Provinsi Gorontalo, baik secara lisan melalui rapat maupun secara tertulis.

Terakhir kalinya, usulan perbaikan jembatan molintogupo oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango
tersebut diajukan tahun 2019 kemarin. Ditahun tersebut, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah mengganggarkan pembangunan jalan baru yang menghubungkan Suwawa Selatan dan Kabila Bone. Dimana Jembatan Molintogupo memiliki peran vital pada proyek yang akan menghubungkan kedua kecamatan tersebut. (Rilis/AH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here