Atraksi Budaya Gorontalo Getarkan Manado.  Amir Liputo : Terima Kasih Buat Bupati Nelson  Pomalingo

Bupati Nelson Pomalingo saat memberikan sambutan dalam kegiatan KKIG Kota Manado

Manado, (MEDGO.ID) — Dengan semangat Patriotik 23 Januari dan Refleksi Deklarasi 20 tahun lalu, pembentukan Provinsi Gorontalo, Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Manado menggelar acara puncak Atraksi Budaya Gorontalo, dilapangan Sparta Tikala.

Dengan semagat kemerdekaan ini tidak lain, untuk tujuan pembangunan, mengenalkan jiwa nasionalisme, jiwa patriotisme, kepada kepada warga Gorontalo di Mqnado, jiwa patriotisme Pahlawan Nani Wartabone yang rela berkorban tanpa pamrih demi seluruh rakyat Gorontalo.

Kegiatan puncak acara ini yang diselenggarakan oleh KKIG-Manado, selain semangat patriosme, kegiatan ini juga bertujuan menjalin silaturahmi dengan warga Manado yang asli Gorontalo dan seluruh umat baik muslim maupun non muslim yang turut menyaksikan pagelaran seni budaya Gorontalo serta berbagai macam kuliner khas Hulondalo.

Pemilihan Nou dan Uti KKIG

Antusiasme masyarakat Manado menyaksikan pagelaran seni budaya Gorontalo begitu tinggi, nampak mereka mengikuti Atraksi Budaya Gorontalo hingga selesai. Karena acara ini begitu menarik perhatian seluruh pengunjung yang datang dari berbagai wilayah di kota nyiur melambai ini.

Dipuncak acara tersebut, Bupati Nelson Pomalingo yang memberikan sambutan sebagai sponsor utama dari kegiatan KKIG-Manado, hadir pula dari pemerintah daerah kota Manado beserta jajaranya, para tokoh-tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Antusiasme pengunjung untuk menyaksikan acar begiyu tinggi

Keunikan dan keragaman budaya Gorontalo yang ditampilkan dalam beberapa atraksi budaya, ini menunjukan budaya dan ciri khas Gorontalo masih ada meski berada ditengah Kota Manado yang gemerlap, dan masih terus dilestarikan oleh warga perantauan, belum terkikis oleh perkembangan jaman.

Namun hal itu tidak menyurutkan niat masyarakat Gorontalo yang tinggal di Manado untuk lebih memperkenalkan budaya Gorontalo kepada generasi sekarang ini.

Dalam kesempatan itu ketua DPC KKIG-Manado Amir Liputo turut berbangga atas pelestarian budaya Gorontalo yang sampai saat ini masih tatap terjaga kelestarianya. Bahwa dalam atraksi dan tarian khas Gorontalo yang ditampilkan oleh seluruh siswa-siswi SMP Limboto cukup memukau seluruh pengunjung yang hadir saat itu, dan ini diharapkan untuk lebih diperkenalkan lagi kepada seluruh generasi sekarang sebagai bentuk jati diri kita sebagai warga Manado yang asli Gorontalo.

 

Tampak Buoati Nelson Pomalingo bersama para tamu undangan dari Pemerintah Kota Manado, Pengurus KKIG Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat

“Alhamdulillah kami KKIG-Manado sangat bersyukur sekali atas kerja sama yang baik saling berkolaborasi antara Pemerintah Manado dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo. Dalam hal ini pula Walikota Manado menginstruksikan agar pemerintah Manado memberikan suport kegiatan ini sebagai penghormatan kepada pemerintah Kabupaten Gorontalo yang telah datang, bagi warga Manado asal Gorontalo yang telah bersama-sama mengsukseskan puncak acara ini dalam memperingati Hari Patriotik 23 januari dan semangat juang pembentukan Gorontalo menjadi Provinsi,” kata Amir Liputo Ketia KKIG Kota Manado saat memberikan sambutan.

“Dari awal kegiatan ini berlangsung, hingga puncaknya malam ini Minggu (26/01/2020) dimulai dari Taman Kesatuan Bangsa Kota Manado selama 4 malam, sambung dengan jalan sehat, serta pada puncak acaranya semuanya dibantu penuh oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Bapak Nelson Pomalingo,” ungkap Amir Liputo yang juga Anggota DPRD Provinsi Gorontalo.

Bupati Nelson juga turut bangga dan bersyukur atas suksesnya acara puncak yang dilaksanakan oleh KKIG-Manado dan berharap ini harus didorong diberi semangat yang tinggi, agar nilai-nilai budaya Gorontalo tetap dipertahankan dan selalu ada kolaborasi antara warga masyarakat Manado yang asli Gorontalo dengan masyarakat Provinsi Gorontalo dalam hal ini masyarakat Kabupaten Gorontalo, dan keduanya tetap terus bersinergi.

Pada 20 tahun yang lalu kita mendeklarasikan Provinsi Gorontalo yang hari ini kakak kandung kita Sulawesi Utara punya adik kandung sendiri adalah Provinsi Gorontalo. Dan kita pun terangkul dalam persaudaraan yang begitu kuat.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KKIG-Manado dalam rangka untuk menjalin silaturahim, untuk saling mendorong, untuk saling memotivasi, antara rakyat di Gorontalo dan Orang Manado yang lahir di Gorontalo.
Saya berharap banyak walaupun mungkin sudah lahir di Manado atau warga Gorontalo pindah di Manado, tetap budaya Gorontalo kita jaga dengan baik. Bahasa, budaya dan keunikan orang Gorontalo tetap kita jaga dan kita lestarikan bersama.

Kita berharap seluruh masyarakat Gorontalo yang berada di Manado mendukung penuh pemerintah Manado untuk bisa membangun daerahnya dengan baik, dan dampakya kepada seluruh masyarakat Manado yang juga warga Gorontalo.

“Saya ucapkan terimakasih atas kolaborasi KKIG-Manado, dan juga dukungan Pemerintah Kota Manado, Insyaa Allah melalui pertukaran budaya seperti ini, kami mengundang agar Pemkot Manado juga bisa berkunjung ke kabupaten Gorontalo.” pungkas Bupati Nelson Pomalingo. (SO)

Reporter: S.Ar Onge (Inong Gorapu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here