Antisipasi Mudik Lebaran 2024, Masyarakat Diimbau Prioritaskan Keselamatan dan Kenyamanan

Jakarta, MEDGO.ID – Dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2024, Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas Polri) menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan kondisi kendaraan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Direktur Penegakkan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso, menegaskan hal ini dalam pernyataan resmi Divisi Humas Polri pada Rabu (20/3/2024).

Selain mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kesehatan pribadi, Brigjen Pol Raden Slamet juga mengingatkan pentingnya perawatan kendaraan. Menurutnya, kondisi fisik kendaraan juga mempengaruhi keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Kredit Mobil Gorontalo

“Kami mengajak masyarakat yang akan mudik untuk menjaga kesehatan pengemudi dan merawat kendaraannya agar perjalanan dapat berlangsung lancar dan aman,” ujar Brigjen Pol Raden Slamet.

Lebih lanjut, Korlantas Polri telah menyiapkan strategi rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan one way, serta meningkatkan kehadiran pos pengamanan, pos pelayanan, dan patroli di berbagai jalur mudik.

BACA JUGA :  Hari Kedua Open House, Ketua Deprov Gorontalo Terima Kedatangan Lima Kepala Daerah

“Kami memperkirakan sekitar 50 juta masyarakat akan menggunakan jalan tol maupun arteri selama arus mudik. Kami telah melakukan antisipasi dan menyiapkan langkah-langkah untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan mereka,” tambah Brigjen Pol Raden Slamet.

BACA JUGA :  Wali Kota Marten Taha Ajak Masyarakat Gorontalo Sambut Idul Fitri dengan Merajut Silaturahim

Dirinya juga menyebutkan bahwa ada beberapa titik rawan kecelakaan dan kemacetan yang perlu diwaspadai, seperti Jalan Tol Cikampek dan sejumlah jalur di Pulau Sumatera.

“Untuk memperlancar arus lalu lintas, kami akan menghentikan operasional kendaraan berat kecuali yang mengangkut sembako dan kebutuhan pokok lainnya dari H-2 hingga H+2 Lebaran,” jelasnya.

BACA JUGA :  Momentum Griya Hari Ketiga di Rudis Penjagub, Mualaf dan Disabilitas Jadi Tamu Istimewa

Dengan langkah-langkah tersebut, Korlantas Polri berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia. (*)