Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan dan Segala Keutamaannya

Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, dan Segala Keutamaannya
pexels.com

Dalam menjalankan ibadah pada bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat ini sebaiknya kita bersungguh-sungguh. Mempersiapkan amalan 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan salah satunya.

Berkah yang terdapat pada akhir bulan Ramadhan memang banyak sekali. Apalagi godaan pada akhir bulan akan sebanding dengan meraih kemenangan pada lebaran Idul Fitri.

Bahkan dalam berbagai riwayat dan hadits menyebutkan tentang anjuran pada akhir Ramadhan ini. Berbagai ibadah akan lebih terasa berat namun memiliki keutamaan yang sungguh luar biasa.

Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan, dan Segala Keutamaannya
pexels.com

Deretan Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

Dalam suatu sabda Rasulullah menyebutkan bahwa hari turunnya Al-Quran berada di hari akhir Ramadhan. Disebut sebagai malam Lailatul Qadar yaitu merupakan malam yang lebih baik daripada 1000 bulan.

Turunnya Al-Quran dari Luful Mhfudz menuju Baitul Izzah atau langit kedua. Lalu adanya penyebutan malam tersebut berada di 10 hari terakhir bulan Ramadhan, terkhusus malam ganjil.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

I’tikaf

Salah satu amalan 10 hari terakhir Ramadhan yang satu ini merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Sunnah dalam pelaksanaan i’tikaf ini dilaksanakan untuk meraih ketakwaan kepada Allah SWT.

Dengan berdiam diri di dalam masjid dan berzikir untuk memohon ampun atas segala dosa-dosa. I’ktikaf juga dalam rangka menyambut malam kemuliaan dan sebaiknya melaksanakan pada sepuluh hari pertengahan Ramadhan.

Tadarus Al-qQuran

Amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini juga merupakan dalam rangka meraih pahala. Keutamaan membaca Al-Quran dalam bulan suci adalah berlipatnya pahala.

Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Quran, maka akan mendapatkan satu kebaikan. Dengan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh, maka akan berlipat-lipat pahala yang dapat anda peroleh dalam melaksanakan ibadah yang satu ini.

Memperbanyak Sholat Malam

Dengan melaksanakan ibadah malam dan menghidupkan malam-malam pada bulan Ramadhan, akan membuat berkah berlipat. Bahkan Rasulullah SAW mengerjakan sholat malam hingga menjelang subuh.

BACA JUGA :  PP Muhamadiyah Tetapkan Idhul Fitri 1442 H, Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Anda dapat menunaikan sholat malam setelah tarawih. Jika anda belum menutupnya dengan sholat witir, karena dalam satu malam tidak boleh ada 2 kali witir.

Sedekah

Amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan, sedekah akan membuat Ramadhan anda lebih baik. Dengan memberikan sebagian kecil rezeki kita pada yang lebih membutuhkan akan memperluas jalan rezeki.

Bersedekah pada bulan suci tentu saja mempunyai banyak pahala yang lebih berlipat ganda. Daripada jika bersedekah di hari biasa.

Karena barang siapa bersedekah untuk berbuka orang yang berpuasa, maka pahala yang ia dapat sama dengan pahala yang melaksanakan puasa tersebut.

Sedekah ternyata tidak hanya dalam bentuk materi, namun juga berbuat baik, senyum merupakan bentuk ibadah. Berlomba-lomba dalam kebaikan pada bulan suci ini akan membuat amalan kita lebih sempurna.

BACA JUGA :  Hari Ini, Kemenag Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal Idhul fitri 1442 H

Kenapa pada 10 Malam Terakhir?

Amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan ini merupakan cara umat Islam untuk meraih kemenangan. Jika kita bersungguh-sungguh beribadah dari awal bulan suci dan tidak berubah hingga akhir, maka pastinya kita lolos.

Semakin menuju kemenangan, sebaiknya kita semakin bersungguh-sungguh beribadah. Bukan malah semakin loyo dalam melaksanakan ibadah.

Hal seperti ini akan baik jika kita laksanakan. Lebih mendekatkan diri dan meraih malam kemuliaan dengan segala rahmat yang Allah SWT berikan pada hambanya.

Dengan melaksanakan amalan-amalan ringan, namun memperoleh pahala yang besar. Hal ini tentu menguntungkan kita bukan.

Maka amalan 10 hari terakhir bulan Ramadhan sebaiknya kita laksanakan dengan baik dan ikhlas. Dengan itu, kita akan merasakan manisnya kemenangan hari raya Idul Fitri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here