3 Wartawan Amerika yang Dicabut Ijin Peliputan, Meninggal Dunia di China

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu (Foto Reuters)

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengundang tiga jurnalis AS yang ijinnya dicabut oleh China, untuk bekerja dari Taiwan.

Undangan Wo itu disampaikan menyusul pengumuman China sebelumnya, Sabtu (28/3), bahwa negaranya telah mencabut ijin wartawan bagi Julie Wernau, Stu Woo dan Stephanie Yang dari The Wall Street Journal.

Para jurnalis itu terlihat diantar ke bandara Beijing oleh Kepala Biro Jonathan Cheng, yang dilansir oleh voaindonesia.com

Pekan lalu, pihak berwenang China mengusir beberapa wartawan yang bekerja untuk The Wall Street Journal, The Washington Post dan The New York Times.

China juga memerintahkan majalah Time dan Voice of America (VOA) untuk memberitahu pihak berwenang secara rinci mengenai pekerjaan mereka di negara itu.

BACA JUGA :  Kapolda Irjen Akhmad Wiyagus Buka Diktuba Bintara SPN Gorontalo

China mengatakan dalam pernyataan, Sabtu (28/3), bahwa pengusiran itu dilakukan sebagai respon atas pambatasan yang diterapkan terhadap media pemerintah China di AS baru-baru ini.

Sebelumnya, pemerintahan Trump menetapkan lima media China sebagai misi asing dan membatasi jumlah warga China yang diperbolehkan bekerja untuk mereka, sebuah langkah yang bertujuan untuk menekan pengaruh Beijing dan operasi intelijen di AS. [vm/ft] 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here