Waka Pedro: Perlu Tim Optimalisasi Fasilitasi Percepatan WPR dan IPR di Bone Bolango

Bonebol, Medgo.ID — Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau menghadiri Rapat Koordinasi Forkopimda, di Ruang Kerja Bupati Bone Bolango, Selasa (10/01)

Rapat ini dihadiri oleh Bupati Bone Bolango, Kejaksaan Negeri Gorontalo (Kejari), TNI AD-AL, Kapolres Bone Bolango, Sekretaris Daerah, Kepala Pengadilan Gorontalo dan sejumlah pimpinan OPD.

Pembahasan dalam rapat perdana di tahun 2023 tersebut yakni terkait isu dan masalah aktual yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Seperti Keamanan dan ketertiban Diwilayah Pertambangan PETI, legalitas status Lahan Eks Transmigrasi Bulango Ulu, Legalitas lahan Rumah Sakit Toto, PETI Mas dan Batu Hitam, Tahapan PILKADES serentak, Longsor lumpur Gunung Mereki Bone dan isu-isu lainnya.

BACA JUGA :  Mahasiswa UNG Sumbang Emas Bagi Indonesia di 21st ASEAN University Games 2024

Dalam kesempatan itu, Pedro mengapresiasi respons cepat pemerintah bersama Forkopimda Bone Bolango dan instansi terkait dalam menyikapi situasi dan kondisi terkini.

“Untuk tertibnya Polemik Pertambangan Tanpa Izin baik itu Mas dan Batu Hitam di Bone Bolango, solusinya hanya satu, dalam tempo sesingkat singkatnya Percepat legalitas WPR (Wilayah Pertambangan Rakyat ) maupun IPR ( Izin Pertambangan Rakyat ) dan itu Harga Mati,”

BACA JUGA :  Tanggap Darurat Banjir, Pemprov Gorontalo Dirikan Posko Bencana

Untuk itu, Ketua Golkar Bone Bolango ini meminta keseriusan dan keberpihakan semua pihak dalam membuat terobosan dalam upaya percepatan legalisasi WPR maupun IPR.

“Kita gerak cepat jemput bola kalau perlu bentuk tim kerja percepatan legalitas tim optimalisasi dan fasilitasi percepatan WPR dan IPR, yang bertugas secara teknis memenuhi syarat dan kendala apa yg harus diselesaikan Karena Ini merupakan Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah Daerah dan kita semua,” jelasnya

BACA JUGA :  DPRD Provinsi Gorontalo Setujui Hibah BMD kepada Pemkab Bone Bolango dan Gorut

“Harus ada langkah konkrit dan kolaborasi Aksi dari semua pihak dan kami di DPRD siap untuk berkoordinasi dan berkolaborasi bersama Forkopimda dan pihak terkait,” tandasnya. (IH)