Timnas Garuda U-23 Gilas Philipina 4-0 Tanpa Balas

MEDGO.ID – Laga ketiga babak penyisihan Grup A cabang olahraga sepak bola putra dalam event SEA Games ke-31 2021 Vietnam, Jum’at (13/5/2022) sore, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam.

Performa para pemain Timnas Garuda U-23 yang terus menunjukkan permainan terbaiknya, Timnas Garuda Indonesia U-23 mampu menggilas Philipina tanpa balas dengan skor telak 4-0.

Empat gol Indonesia dilesakkan oleh Muhammad Ridwan (17’), Rizky Ridho Ramadhani (44’), Egy Maulana Vikri (74’), dan Marselino Ferdinan (pinalti 84’).

Saat ini Timnas Garuda memiliki 6 poin dari 3 laga (2 kali menang 1 kalah) dengan selisih gol 8-4 (+4), berada di peringkat kedua di bawah Vietnam yang memiliki poin 7 dari 3 laga (2 kali menang 1 kali seri).

BACA JUGA :  Pemerintah Pastikan Program Konversi Kompor Listrik Belum Diberlakukan Tahun Ini

Kemenangan telak 4-0 atas Philipina tersebut mendapatkan apresiasi dari Ketua Umum PSSI, Muchammad Iriawan.

“Penampilan Timnas Garuda U-23 terlihat semakin meningkat dan kerjasama antar pemain juga terlihat semakin rapi. Saya yakin dengan melihat penampilan tadi, kita bisa mengalahkan Myanmar dan memastikan lolos ke semifinal”, tandas Iriawan. Seperti dikutip dari laman pssi.org.

Target PSSI adalah menjadi juara dalam Sea Games ke-31 2021 Vietnam, untuk itu, lanjut Iriawan, saya minta pada Shin Tae-yong agar terus menjaga performa pemain sehingga tidak kendur di laga-laga berikutnya.

BACA JUGA :  Jamin Netralitas ASN, Pemerintah Terbitkan SKB Tentang Pengawasan Pegawai

“Saya optimistis kita bisa meraih medali emas. Mari kita bantu doa dan dukungannya agar pemain tampil spartan dan bisa mengalahkan semua lawan-lawannya”, pungkas Iriawan.

Klasemen Sementara Grup A

Analisa babak semi final
Pada Minggu (15/5/2022), pada laga terakhir babak penyisihan Grup A, Timnas Garuda U-23 akan menghadapi Myanmar. Jika Timnas Garuda menang maka poin yang dimilikinya menjadi 9 poin yang otomatis lolos ke babak semi final. Namun jika hanya bermain imbang berapapun skornya, Timnas Garuda tetap bisa melaju ke babak semi final dengan poin 7 berada di posisi dua klasemen akhir karena menang selisih gol atas Myanmar.

Sementara itu, Vietnam yang saat ini berada di puncak klasemen sementara dengan poin 7, untuk melaju ke babak semi final, Vietnam tinggal membutuhkan 1 poin atau bermain imbang saat melakoni laga terakhir kontra Timor Leste, dengan 8 poin.

BACA JUGA :  Komisi IV DPR RI Soroti Penurunan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup

Philipina dan Timor Leste sudah tersingkir dari persaingan ke babak selanjutnya. Philipina hanya meraih 4 poin dari empat pertandingan dan Timor Leste belum meraih poin dari tiga laga yang dijalaninya.
Pada laga terakhir Timor Leste akan berhadapan dengan pemuncak klasemen Vietnam.

Diketahui, Indonesia baru 2 kali meraih gelar juara atau medali emas sepak bola putra SEA Games yaitu pada tahun 1987 dan 1991. (*).