Tanggap Darurat Banjir, Pemprov Gorontalo Dirikan Posko Bencana

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID – Pemerintah Provinsi Gorontalo telah meresmikan Posko Bencana di Rumah Dinas Wakil Gubernur di Kelurahan Tanggikiki, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo. Posko ini didirikan untuk memfasilitasi koordinasi penanganan banjir yang sedang melanda Kota Gorontalo dan sekitarnya.

Penjabat Gubernur Rudy Salahuddin mengumumkan dalam konferensi pers pada Kamis (11/7/2024) di halaman Rumah Dinas Wakil Gubernur bahwa posko ini akan berfungsi sebagai pusat komando utama. “Sekda dan pimpinan OPD akan mengoordinasikan segala upaya dari sini,” ujar Rudy.

Posko ini juga dilengkapi dengan layanan medis dan ambulans, serta berkoordinasi dengan BPBD dan tim SAR untuk evakuasi warga yang membutuhkan bantuan. Dinas Kominfo dan Statistik telah mendirikan Media Center di posko ini untuk mengelola informasi, melayani wartawan, dan menyediakan call center untuk menerima laporan dari warga. Masyarakat dapat menghubungi nomor 0811434932 untuk menyampaikan informasi terkait bencana.

BACA JUGA :  Pj. Gubernur Paparkan Langkah Penanganan Bencana Alam di Gorontalo

Setelah konferensi pers, Pj. Gubernur Rudy bersama sejumlah pimpinan OPD mengunjungi dapur umum di Dinas Sosial Provinsi Gorontalo. Mereka membantu petugas dinas sosial, Tagana, dan para relawan yang sedang mempersiapkan makanan bagi pengungsi korban banjir.