Solusi Darurat untuk Banjir di Kota Gorontalo, DPRD Desak Pemkot Bertindak Cepat

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Hujan lebat yang mengguyur Kota Gorontalo semalam kembali menyebabkan beberapa titik jalan utama tergenang air, Rabu (26/06). Menyikapi situasi ini, Anggota DPRD Kota Gorontalo, Irwan Hunawa, mendesak Pemerintah Kota untuk segera mengambil langkah-langkah efektif guna menangani masalah banjir yang kerap berulang.

BACA JUGA :  Pemprov Gorontalo Diskusikan Mitigasi Bencana Alam Bersama Relawan

Irwan mengungkapkan kekhawatirannya terhadap genangan air yang mengganggu akses jalan dan aktivitas warga. “Hujan deras semalam menyebabkan beberapa titik jalan di Kota Gorontalo banjir. Kita harus segera mencari solusi untuk masalah ini,” ujarnya.

Irwan mengusulkan agar dinas terkait melakukan pengerukan anak sungai dan pembangunan kolam retensi sebagai tindakan darurat untuk mengendalikan banjir. Ia juga mengidentifikasi sejumlah wilayah yang sering terdampak, seperti Kelurahan Dembe I, Lekobalo, Pohe, Tanjung Kraamat, Moodu, Biawu, Siendang, Kampung Bugis, dan Limba.

BACA JUGA :  UNG Bentuk Crisis Center, Tanggapi Status Tanggap Darurat Bencana Banjir dan Longsor Gorontalo

“Permasalahan banjir ini perlu penanganan cepat. Saya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah mereka melalui gotong royong, guna mencegah penumpukan sampah yang dapat memperburuk situasi,” tegas Irwan. (IH)