Sofian Ibrahim Dilantik Sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, MEDGO.ID – Sofian Ibrahim resmi dilantik menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo. Pelantikan dipimpin oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, di aula rumah jabatan gubernur, Rabu (6/12/2023).

“Kekosongan Sekda Provinsi Gorontalo sudah cukup lama. Pak Syukri sempat jadi Jabatan Sekda kurang lebih sembilan bulan, kemudian dilanjutkan Pak Budiyanto selama lima bulan. Alhamdulillah kali ini kita melantik Sekda Provinsi Gorontalo yang pasti,” kata Penjagub Ismail Pakaya.

Sofian Ibrahim sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (BAPPPEDA) Provinsi Gorontalo. Dirinya ditetapkan sebagai Sekda Provinsi Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 166/TPA Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, tertanggal 24 November 2023.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Sekda itu tidak bisa kosong karena mempunyai tanggung jawab dan tugas sebagai koordinator anggaran pemerintah daerah. Kalau kepala dinas kosong, kami hanya isi dengan pelaksana tugas atau Plt. Kalau Sekda tidak bisa Plt, tapi harus dilantik menjadi jabatan karena kuasa terhadap pengelolaan anggaran,” tutur Ismail.

Di usia ke-23, sudah ada lima Sekda yang menjadi panglima aparatur sipil negara Pemerintah Provinsi Gorontalo. Sekda Provinsi Gorontalo yang pertama dijabat oleh Mansur Detuage. Selanjutnya ada Idris Rahim, Winarni Monoarfa, Darda Daraba, dan saat ini Sofian Ibrahim.

BACA JUGA :  PSU Dapil 6 Pohuwato-Boalemo: Gerindra Raih Suara Partai Terbanyak 

“Atas nama pribadi dan PJ gubernur saya mengucapkan selamat kepada pak Sofian Ibrahim bersama istri yang juga akan menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Gorontalo. Pelantikan ini menjadi momen bersejarah bagi kita semua yang baru merayakan ulang tahun ke-23 Provinsi Gorontalo pada 5 Desember 2023,” tutup Ismail.