Retribusi Objek Wisata Jadi Pemkab Bone Bolango Tingkatkan PAD

BONEBOL, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango terus menunjukkan komitmen dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Retribusi di objek-objek wisata pun akan dioptimalkan guna mendukung komitmen tersebut.

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengatakan hal pertama yang menjadi fokus Pemerintah Daerah dalam peningkatan PAD, yaitu dengan mengoptimalkan retribusi parkir di tiap objek-objek wisata.

“Makanya tadi kami panggil OPD terkait untuk pemberlakuan retribusi parkir yang ada di objek-objek wisata yang akan kita dahului dengan sosilisasi oleh tim Cyber Pungli agar masyarakat bisa teredukasi bahwa selama ini penarikan retribusi tersebut masih ilegal,”kata

BACA JUGA :  BNPB Salurkan Bantuan untuk Bencana Alam di Gorontalo

Merlan saat diwawancarai awak media usai memimpin rapat optimalisasi pemanfaatan sapras wisata di kawasan Wisata Botutonuo, di ruang rapat Wabup, Selasa (6/6/2023).

Orang nomor dua di Bone Bolango itu juga menambahkan penarikan retribusi parkir oleh masyarakat sekitar tempat wisata tersebut baik seribu atau satu rupiah pun itu tergolong pungli dan dapat membahayakan.

BACA JUGA :  Polsek Kawasan Pelabuhan Gorontalo Sita 75 Ekor Tikus Siap Konsumsi

“Olehnya itu, ini akan kita atur bersama agar kedepan tidak ada penarikan retribusi yang dijalankan secara ilegal,”ujar Merlan.

Wakil Bupati perempuan pertama di Bone Bolango itu, juga mengungkapkan  sekarang Pemerintah Daerah telah mengintervensi perbaikan berbagai sarana di objek wisata yang ada di daerah tersebut dengan membangun toilet hingga gazebo yang baru.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Gorontalo Serahkan Rancangan KUA-PPAS 2025 ke DPRD dalam Rapat Paripurna

“Ini komitmen kita bersama untuk meningkatkan PAD. Contohnya di Objek Wisata Botutonuo itu di lorong 4.5 sudah kita intervensi dengan toilet dan gazebo. Sama halnya juga di Wisata Hiu Paus Botubarani hingga Pemandian Lombongo,”pungkasnya. (Adv/IH)