Program Ekonomi Kerakyatan Ditingkatkan

Bonebol,(MEDGO.ID)- Program Ekonomi Kerakyatan di pemerintahan Kabupaten Bone Bolango saat ini, diharapkan oleh Ketua DPRD Halid Tangahu di sejumlah kesempatan, agar lebih dapat ditingkatkan. Karena, menurut Halid, kebijakan itu akan memperkuat fundamental ekonomi dalam meredam efek domino yang ditimbulkan oleh berbagai krisis ekonomi.

BACA JUGA :  Hanya Menegur, Pria Asal Kota Gorontalo Ditikam OTK di Pohuwato 

Lebih lanjut, politisi Nasdem, upaya pemerintah daerah maupun pemerintah setingkat diatanya dalam menyikapi berbagai kemungkinan negatif dari hantaman badai ekonomi dengan mendorong pertumbuhan ekonomi berkualitas yang diantaranya bisa dilakukan melalui penguatan sisi ekonomi kerakyatan.

Langkah konkret yang ditempuh melalui guliran program pemberdayaan ekonomi secara simultant, dari hulu hingga ke hilir. “Contohnya, saat menyalurkan bantuan modal usaha bagi masyarakat, dinas teknis harus melakukan pendampingan untuk pengelolaa modal, pembekalan keterampilan untuk peningkatan daya saing produk, hingga pada aspek pemasaran,” jelas Halid.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Heri Hadiri Acara Penyampaian Hasil Pemeriksaan BPK

Sehingga, kata Halid lagi, langkah itu akan mempercepat program pengentasan kemiskinan. Karena pertumbuhan sektor UMKM akan berimbas pada penyerapan tenaga kerja, yang pada gilirannya akan menekan tingkat pengangguran di daerah. “Salah satu solusi yang bisa diambil oleh pemerintah daerah dalam menyikapi kenaikan angka kemiskinan ini, ya melalui penguatan ekonomi kerakyatan itu,” tandasnya.