POPDA Jawa Tengah 2024 Dibuka Oleh PJ Gubernur Jawa Tengah

Semarang, medgo.id – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno, membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Tengah 2024, Kamis (20/6/2024), di GOR Jatidiri Semarang.

Nana Sudjana menyampaikan bahwa pada Popda Jawa Tengah 2024 akan digelar selama delapan hari dari tanggal 20 hingga 27 Juni 2024, yang diikuti oleh hampir 4.000 atlet dan akan bertanding serta berlomba di 26 Cabang Olahraga (Cabor), dan memperebutkan 533 medali yang terdiri 266 medali emas, 266 medali perak serta 401 medali perunggu.

“Para atlet tersebut adalah para pelajar dari seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan yang sederajat, Sekolah Menengah Atas, (SMA, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA)”, terang Nana.

BACA JUGA :  Festival SCTV Jadi Agenda Pembuka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal Ke 419

Nana memaparkan bahwa POPDA merupakan ajang dan upaya dari Pemprov Jawa Tengah untuk mencari bibit atlet yang unggul.

“Kita juga terus melakukan pembinaan sehingga ke depannya prestasinya terus berkembang dan meningkat”, tandas Nana.

Dengan harapan, lanjut Nana, Jawa Tengah benar-benar menjadi provinsi penghasil atlet nasional bahkan internasional.

“Kegiatan tersebut juga untuk mempersiapkan atlet yang mampu meningkatkan prestasi Jawa Tengah pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang. Harapannya, Jawa Tengah bisa menduduki peringkat tiga atau empat”, ungkap Nana.

Sementara itu, Pelaksana Harian (PLH) Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, Surya Deta Syafrie, mengatakan bahwa sejalan dengan tema yang diusung yakni Berbakat dan Berprestasi, maka para atlet harus berkompetisi untuk menjadi yang terbaik.

BACA JUGA :  Sentuhan Kreatifitas Bupati Kendal Rubah Rumdin Bupati Jadi Taman Bermain Anak-Anak

“Harapannya adalah akan muncul atlet-atley dari Jawa Tengah yang mampu berprestasi di ajang nasional maupun internasional”, pungkas

Jadwal pertandingan dan perlombaan POPDA Jawa Tengah 2024
Pertandingan akan dilakukan selama delapan hari, yang dibagi jadi dua tahap yakni 20-23 Juni 2024, dan 24-27 Juni 2024.

Pertandingan pada 20-23 Juni pada cabor anggar, berlangsung di Unimus Sport Center. Untuk basket diselenggarakan di Sahabat Arena Semarang, bulutangkis di GOR USM, menembak di Jatidiri, panahan di Lapangan Prof Djumadi Unnes. Pertandingan panjat tebing digelar di Jatidiri, pencak silat di lapangan tenis indoor Jatidiri, senam di GSG Pati, sepak takraw di Jatidiri, tenis meja di Jatidiri, taekwondo di Udinus Sport Center, tinju di GSG UIN Walisongo, sepak bola di lapangan Sidodadi, dan Balasuga serta voli di Jatidiri.

BACA JUGA :  Koperasi Mitra Mina Lestari Kabupaten Rembang Wadah UKM Pengolah dan Pemasar Hasil Ikan

Selanjutnya, pada 24-27 Juni 2024, cabor angkat besi di Gedung FIK Unnes, atletik di Tri Lomba Juang, balap sepeda di Velodrome Diponegoro, voli pasir di Jatidiri. Untuk dayung memanfaatkan Sungai Banjirkanal Barat, gulat di Unimus Center, judo di Gedung Korpri Jateng, kempo di GSG BP Diksus, karate di Unisbank, renang di Jatidiri, tenis lapangan di Jatidiri, dan wushu di GSG UIN Walisongo.