Mendongeng Jadi Metode Belajar Bagi Anak-Anak Selain Menggunakan Buku

Blora, medgo.id – Dalam sebuah acara Gerakan Dongeng Bersama Bunda, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (20/6/2024), Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Blora, Nuril Huda, mengungkapkan bahwa mendongeng masih menjadi metode idola yang dipilih oleh anak-anak untuk belajar selain menggunakan buku.

“Mendongeng masih menjadi metode belajar yang saat ini masih diminati oleh anak-anak selain program membaca buku”, terang Nuril, yang juga bertindak sebagai panitia penyelenggara.

Acara Gerakan Dongeng Bersama Bunda diikuti oleh ratusan anak dari PAUD perwakilan se-Kabupaten Blora.

BACA JUGA :  Mas Lantas Tangani dan Pelihara Jalan Provinsi Di Jawa Tengah

“Mereka ternyata sagat antusias dan menyimak cerita yang disampaikan pendongeng”, ucap Nuril.

Pada kesempatan tersebut, Nuril Huda mengutarakan bahwa acara Gerakan Dongeng Bersama Bunda tersebut adalah satu rangkaian dari Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) sekaligus sebagai puncak acara kegiatan mendongeng yang digelar Disdikbud Kabupaten Blora bersama dengan TP PKK Kabupaten Blora, yang juga bekerjasama dengan Kampung Dongeng Indonesia.

BACA JUGA :  Koperasi Mitra Mina Lestari Kabupaten Rembang Wadah UKM Pengolah dan Pemasar Hasil Ikan

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah, atau yang akrab disapa Bunda Aini, menjelaskan bahwa kegiatan mendongeng kali ini merupakan kegiatan lanjutan setelah PKK Kabupaten Blora melakukannya di 16 Kecamatan wilayah Blora,

BACA JUGA :  Menpora RI Buka Kejuaraan Antar Kampung Kabupaten Kendal 2024

“Kegiatan ini merupakan pemantik terakhir untuk diteruskan oleh Bunda PAUD kecamatan dan desa. Untuk itu, Bunda PAUD kecamatan dan desa dapat memprogramkan kegiatan serupa di wilayahnya masing-masing”, kata Bunda Aini.

Pada acara itu dimeriahkan dengan perpustakaan keliling, stan wahana permainan edukasi, dan pertunjukan seni Barong Blora dari Sekar Kencono Mudo Desa Ngampon, Kecamatan Jepon.